Luncurkan Program Lapak Berkah, IZI Salurkan Bantuan Gerobak Dagang

izi.jpg
(muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau meluncurkan program lapak berkah yang berkolaborasi dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) dan BNI Syariah. Program ini bertujuan untuk wujudkan pemberdayaan pelaku usaha dengan perbaikan ekonomi. Program diluncurkan di gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Rabu, 21 Oktober 2020.

Kepala IZI Riau, Abu Daud mengatakan, dalam launching program lapak berkah ini, IZI Riau berkolaborasi dengan YHT dan BNI Syariah membagikan 17 gerobak berkah dan modal usaha pada mustahiq (penerima manfaat).

“Penyebaran program ini cukup luas di daerah Riau. Kali ini, IZI mendapatkan kepercayaan YHT untuk mengolah dana zakat, sedekah, dan infaq untuk disalurkan langsung,” katanya.

Abu Daun juga mengatakan, kolaborasi yang dilakukan ini untuk bersinergi mewujudkan cinta-cita zakat, sehingga nantinya tidak ada lagi yang menerima zakat. Maksimalnya para penerima ini nantinya bisa menjadi muzakkir dan minimalnya bisa hidup mandiri (mukhtafi).

Salah satu penerima program lapak berkah, Sri mengatakan, bantuan yang ia terima sangat bermanfaat bagi dirinya untuk berjualan keliling. Sebelumnya, Sri berprofesi sebagai penjual sayuran keliling dengan gerobak yang sudah tidak layak pakai.

Kegiatan program lapak berkah ini sendiri juga dihadiri oleh perwakilan dari Wali Kota Pekanbaru, Maneger Bisnis BNI Syariah, dan Perwakilan PWI Riau.