Segudang Manfaat Glodokan Tiang, Pohon yang Ditebang OTK di Jalan Tuanku Tambusai

Pohon-Glodokan-Tiang2.jpg
(DEFRI CANDRA/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - 83 batang pohon ditebang oleh orang tak bertanggung jawab di jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru.

 

Salah satu jenis pohon tersebut adalah jenis pohon Glodokan Tiang, atau dalam bahasa biologi Polyalthia longifolia.

 

Ternyata, pohon Glodokan Tiang ini memiliki segudang manfaat, baik di jalan raya ataupun untuk diri sendiri.

 

Dikutip RIAUONLINE dari manfaat.co.id, Senin,  19 Oktober 2020, pohon glodokan bisa tumbuh tinggi tegak lurus mencapai 30 hingga 35 meter yang terlihat sangat indah dan menjadi salah satu tanaman sumber antioksidan.

 

Ada beberapa manfaat pohon glodokan yang bisa digunakan oleh manusia, dalam ulasan berikut ini akan dijelaskan sebagai tambahan informasi:

 

 

1. Mengurangi Polusi Udara

 

Pohon glodokan ini sangat tepat jika ditanam di jalan raya, taman kota dan ruangan hijau terbuka lainnya.

 

Hal ini disebabkan karena pohon glodokan sangat efektif digunakan sebagai pohon peneduh jalan sekaligus juga mengurangi polusi udara yang terjadi. 

 

Dengan menanam pohon glodokan ini, maka udara di sekitar pohon tersebut akan semakin bersih yang membuat orang orang di sekitarnya juga bisa lebih segar.

 

2. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

 

Dalam segala bagian, pohon glodokan ini mengandung tiga senyawa diterpenoid yakni asam polyalthialdoat, hidroksi cleroda dan juga olide yang terbukti sebagai solusi kanker khususnya sel kanker leukemia.

 

3. Mengandung Antioksidan

 

Tidak hanya seluruh pohon yang sangat baik digunakan sebagai peneduh dan menyerap polusi, namun bagian biji dari pohon glodokan ini memiliki manfaat antioksidan yang sangat kuat sehingga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh.

 

4. Menurunkan Tekanan Darah

 

Dari sebuah hasil penelitian, ekstrak kulit akar pohon glodokan ini memiliki 50% metanol yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah normal dan juga hipertensi dalam percobaan tahun 2005 dimana objek yang digunakan pada saat itu menggunakan seekor tikus.

 

5. Mengatasi Demam

 

Pohon ini juga sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional dari berbagai bagian dari pohon glodokan tersebut dan salah satunya adalah untuk menurunkan demam sekaligus mengatasi gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala.

 

6. Mengatasi Diabetes

 

Dari sebuah penelitian juga membuktikan jika beberapa bagian dari pohon glodokan bisa diekstrak yang nantinya digunakan untuk para penderita diabetes sebab kemampuan kandungan dalam pohon ini yang bisa menjaga kadar gula dalam darah sehingga lonjakan gula darah bisa dicegah.

 

7. Menangkal Racun

 

Biji dari pohon glodokan ternyata juga bisa digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. 

 

Bagian biji tanaman ini yang dibuat menjadi bubuk berwarna coklat agak kehitaman dengan rasa pahit sedikit pedas ini di uji coba terhadap tikus yang terkena obat nyamuk bakar dan terbukti jika tikus tersebut bisa bertahan lebih baik dibandingkan tikus yang tidak diberikan bubuk biji glodokan tersebut. 

 

Dari penelitian tersebut terbukti jika tikus bisa bertahan hingga 83.2% terhadap pengasapan pekat obat nyamuk bakar karena pengaruh kandungan dalam biji tersebut.

 

 

Jadi, Glodokan ini memiliki banyak manfaat, bagi orang yang menebang pohon ini, semoga menyerahkan diri dan bertanggung jawab atas dasar apa dia memotong pohon yang ada di jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru.