Ledakan Kasus di Inhu, Sehari 62 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

mimi-konpres.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabupaten Indragiri Hulu mencetak rekor tertinggi kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Jika sebelumnya tambahan kasus selalu kurang dari 15 kasus, kali ini justru meledak hingga 62 orang dinyatakan positif Covid-19.

Bahkan tambahan kasus tersebut nyaris separuh dari jumlah akumulasi kasus sebelumnya. Sebab hingga Kamis 16 Oktober 2020 akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hulu baru mencapai 133 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan lonjakan kasus di Kabupaten Indragiri Hulu merupakan hasil pemeriksaan swab yang digelar sejak tanggal 12 dan 15 Oktober 2020. Sehingga belum diketahui riwayat penularannya.

"Rata-rata diketahui positif Covid-19 setelah hasil swabnya keluar. Dari 62 kasus, 61 pasien di antaranya merupakan peserta swab massal yang digelar di Indragiri Hulu pada 12 Oktober lalu, satu lagi Swab mandiri di Pekanbaru pada 15 Oktober kemarin," jelas Mimi, Jumat 16 Oktober 2020 malam.

Disamping itu, karena 62 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indragiri Hulu tersebut merupakan hasil swab massal dan swab mandiri. Sehingga belum ada catatan riwayat perjalanan dan kontak erat dengan pasien lainnya.

Dengan tambahan 62 kasus penularan Covid-19 hari ini, total akumulasi kasus di Indragiri Hulu mencapai 195 orang. Sementara itu pasien sembuh bertambah satu orang atas nama tuan ES (41). Sehingga total pasien sembuh mencapai 97 orang.