Pesepeda Diminta Untuk Tidak Ngaspal di Jalan Raya

Ruslan-Tarigan.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)


Laporan : Muthi Haura 

RIAU ONLINE, PEKANBARU – DPRD Kota Pekanbaru mengingatkan masyarakat yang hoby bersepeda agar tidak lagi bersepeda di jalan raya atau protokol karena sangat berbahaya bagi keselamatan.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Ruslan Tarigan mengatakan, sebaiknya para penghoby sepeda (goweser) bersepada pada saat Car Free Day, karena saat ini pemerintah belum mengatur jalur bagi pengendara sepeda.

"Kalau memaksakan untuk bersepeda di jalan raya, apalagi jam-jam macet atau hari kerja, justru akan membahayakan," kata dia.

Ruslan mengatakan, tidak bisa disalahkan sepihak apabila terjadi sesuatu terhadap pengendara karena belum ada rambu khusus bagi pesepeda.

“Jika ingin bersepeda, bisa juga di sekitar daerah kampus. Tapi sebelum sampai daerah kampus, naik kan dulu sepedanya ke mobil. Setelah di daerah kampus, barulah bersepeda,” katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID.

"Tentu saja sebelum masuk daerah kampus, dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pihak humas kampusnya, baik itu Unri, UIN, UIR, dan kampus-kampus lainnya."

Politisi PDIP ini juga menyarankan untuk bersepeda di stadion.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan membuat kajian terkait jalur bagi pengendara sepeda.

“Akan kearah Perda. Kalau masyarakat hoby bersepeda, tentu ada pengaturannya. Untuk sekarang, jangan bersepeda dulu di jalan protokol,” tutupnya.