Intip Aktivitas Harian "Menantang Maut" Nakes saat Rawat Pasein Covid-19

Nakes9.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

Laporan : Hidayatul Fitri

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Petugas Covid-19 bertugas dengan sistem pembagian shift (kerja bergilir).

Sekali shift memiliki durasi 8 jam. Satu jam pertama petugas Covid-19 harus menyelesaikan berbagai dokumen pasien yang harus dilengkapi.

“Kalau masuk ke rungan isolasi itu per 3 jam bergantian dalam satu tim. Satu tim biasanya terdiri dari 3 orang,” ujar Abrar, petugas Covid-19.

Namun, jika dalam kondisi tertentu seperti terjadinya peningkatan jumlah pasien tidak terduga maka petugas Covid-19 bisa betugas bersama dalam satu waktu.

Di ruangan isolasi ICU (Intensive Care Unit) harus bertindak cepat.

Tindakan yang dilakukan banyak dengan durasi yang tidak sebentar serta situasi jumlah pasien kerap kali penuh.

Kapasitas ICU yaitu 5 pasien dengan 5 perawat.

Pergerakan yang cepat menuntut petugas Covid-19 harus memiliki fisik optimal.

“Kalau gerak cepat dan pekerjaan yang banyak akan buat kami mudah lelah dan sesak saat menggunakan APD (Alat Pelindung Diri), ini yang biasanya menjadi keluhan petugas Covid-19 di ruangan ICU,” ungkap Abrar.

Selain itu, pasien yang berada di ICU biasanya tidak mampu banyak bergerak sehingga perawat juga akan benyak membantu aktifitas pasien.

 

“Pasien ICU beda sama pasien lainnya yang bisa ke kamar mandi sendiri atau makan dan mengambil sesuatu sendiri. Semua aktivitas pasien akan kami bantu sebab tidak ada juga keluarga yang bisa mendampingi pasien Covid-19,” kata Abrar.