Keluar Penjara, Annas Maamun Targetkan Bentuk Provinsi Riau Pesisir Dalam Tiga Bulan

Proposal-Riau-Pesisir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wacana Pembentukan Provinsi Riau Pesisir kembali berhembus seiring kembalinya Mantan Gubenur Riau, Annas Maamun usai menjalani hukuman tindak pidana korupsi di Lapas Sukamiskin. Ia mendapat grasi dari presiden Jokowi dengan alasan kondisi kesehatannya yang memburuk.

Annas Maamun sangat berambisi dalam membentuk Provinsi Riau pesisir. Bahkan ia menargetkan hal tersebut dapat terealisasi dalam tiga bulan.

Ambisi Datuk ini dikemukakan dalam sidang paripurna DPRD Rokan Hilir pada Minggu, 4 Oktober2020 dimana ia turut hadir selaku Tokoh masyarakat.

"Ada enam orang dari Bengkalis datang kepada saya membicarakan Provinsi Riau Pesisir. Provinsi Riau Pesisir ini jadi Pak, Yakinlah. Saya targetkan tiga bulan lagi jadi Provinsi Riau pesisir," ucapnya diiringi tepukan tangan para tetamu yang hadir.

Ia menyebut sudah melakukan hitungan matematis keuntungan pembentukan Provinsi Riau Pesisir termasuk penempatan ibu kotanya yang diperebutkan antara Bengkalis dan Bagan Siapiapi.

"Itu sekarang yang kita rebut, kalau sudah jadi Provinsi tidak kurang dari 1000 orang akan masuk, anak-anak bapak yang sudah besar bisa jadi pegawai. Sekarang mata pencarian susah. Nah kita rebut supaya Ibu Kota Provinsi di Bagan Siapiapi."

Bahkan, ia sudah menyebut lokasi yang tepat untuk pendirian ibu kota.

"Jangan di Bagan-nya betul, kita buat nanti antara Sinaboy dan Bagan Siapiapi. Saya bicarakan dengan pemerintah pusat harus siapkan tanah 400 hektar untuk perkantoran Provinsi Riau Pesisir. Kita buat kota baru antara satu sampai dua kilometer dari kota Bagan," jelasnya.

Ia memaparkan sejumlah rencana transformasi apabila Provinsi Riau Pesisir terbentuk di antaranya mengubah Bagan Siapiapi menjadi kota Madya, kecamatan Pujud menjadi Rokan Tengah, kecamatan Kubu menjadi Kabupaten serta Bagan Batu menjadi kota madya.

Ia mengaku sudah berbicara dengan kepala staff presiden, Moeldoko mengenai pembentukan Provinsi Riau Pesisir ini dan mendapat respon positif.