Gatot Nurmantyo Berhalangan Hadir, Deklarasi KAMI Riau Ditunda

KAMI2.jpg
(istimewa)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Riau yang sedianya dijadwalkan pada 2 Oktober 2020 dinyatakan diundur.

 

Sekretaris KAMI, Azmi Rozali menyebut bahwa pengunduran jadwal ini sebagai arahan dari KAMI Pusat.

 

"Mengingat perkembangan dan arahan dari Pusat, Kita tidak bisa melaksanakannya tanggal 2 Oktober 2020. Kita akan membuat jadwal baru. Anggota akan diberitahukan via sms dan grup" jelasnya usai rapat persiapan KAMI Riau di markas FPI Riau, Selasa 29 September 2020.

 

 

 

Salah satu alasan diundurnya deklarasi ini diyakini salah satunya dikarenakan tokoh deklarasi KAMI Nasional yang dijadwalkan hadir di Riau, Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo yang tidak bisa hadir padal tanggal 2 Oktober. 

 

"Jenderal Gatot Nurmantyo baru bisa hadir di atas tanggal 5. Kita mengajukan opsi tanggal 9. Tapi kalau tidak bisa kita undur seminggu setelahnya,"ujarnya. 

 

Kehadiran mantan Panglima TNI ini sangat diharapkan oleh KAMI Riau sebab Din Syamsuddin, salah seorang tokoh KAMI Pusat dipastikan tidak akan bisa hadir di Riau dan hanya akan mengikuti deklarasi secara virtual. 

 

Bersama Gatot Nurmantyo tokoh nasional lain yang akan hadir adalah  ahli hukum tata negara dan pengamat politik, Refly Harun.

 

"Yang menghadiri Secara fisik dari tokoh nasional kita harapkan dua figur kuat. Pertama jenderal Gatot Nurmantyo dan satu lagi bapak Refly Harun"

 

 

Secara umum Azmi Rozali menyebut bahwa persiapan deklarasi sudah 90 persen namun urung dilaksanakan pada 2 Oktober mendatang.