Viral, Seekor Pesut Muncul di Sungai Segati Pelalawan

pesut.jpg
(istimewa)

LAPORAN : RISKI APDALLI

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Kemunculan seekor ikan pesut atau lumba-lumba sungai mengejutkan masyarakat Desa Tambak, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Seekor pesut berukuran cukup besar muncul di permukaan sungai segati.

Kejadian langka ini membuat warga takjub, warga tak mengira seekor pesut hadir di tengah-tengah masyarakat di pelosok desa. Warga yang menyaksikan kejadian langka itu tak lupa merekam kemunculan pesut. Saat ini, video kemunculan pesut viral di media sosial.

"Penemuan seekor yang diduga Lumba-lumba lokasi di Kualo Terusan, sungai Segati," tulis akun instagram atas nama @infopkc.

Dari video berdurasi 29 detik yang diunggah akun ini, sampai saat ini sudah ditonton atau ditayangkan sebayak 5.870 kali. Berbagai akun menuangkan berbagai komentar, mulai dari anggapan serius, nyeleneh, bahkan bercanda.

Seperti akun atas nama @nardoo_ mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut sudah ada sejak jaman dahulunya.

"Menurut cerita orang kampung yang tinggal di situ sejak jaman dulu, ikan-ikan itu sudah," tulis akun @nardoo_.

Selain akun tadi, ada juga akun lain @donapekanbaru123 yang menanggapi, selain di Sungai Segati tersebut, ikan itu juga pernah timbul di Sungai lain di bantaran Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan.

"Dlu di sungai rantau baru juga ada lihat ikan itu, tapi kurang tw ikan apa, katanya lumba2 tapi belum pastiii," tulis akun @donapekanbaru123, menanggapi di kolom kementar.

Dari ratusan komentar dari kolom komentar akun @infopkc tersebut, kebanyakan berisi canda tawa masyarakat yang melihat kejadian langkah itu.

Dari penelurusan RiauOnline.co.id, ada satu komentar yang bercanda dengan mengatakan ikan lumba-lumba yang timbul dipermukaan Sungai Segati itu merupakan induk ikan selais atau ikan yang menjadi khas makanan masyarakat Provinsi Riau ini.

"Itu omak selais (Ikan itu merupakan induk ikan selais)," tulis akun @ellen.0216, sambil memberikan emoji tertawa girang.

Sampai berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait, soal penemuan ikan yang diduga kuat ikan pesut atau lumba-lumba sungai di permukaan sungai dekat pemukiman warga Kabupaten Pelalawan.