Dinas Pertanian Akan Wujudkan Kampung Anggur di Pekanbaru

kampung-anggur.jpg
(muthi)

Laporan: MUTHI HAURA

RIAUONLINE, PEKANBARU - Perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru beserta Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru mengunjungi Kebun Anggur Pung Grape, di Jalan Tuah Karya Ujung Kelurahan Tuah Karya, Pekanbaru.

Kasi Hortikultura Bidang Pertanian dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Perikanan, Sri Alam mengaku sudah lama mendapat informasi terkait Kebun Anggur Pung Grape. "Sudah lama juga ingin berkunjung. Baru kesampainnya sekarang," kata Sri.

Sri mengaku ingin juga mengembangkan anggur di Dinas Pertanian. Awalnya, Sri berpikir bahwa tanaman anggur sulit hidup di iklim Kota Pekanbaru, tapi ternyata Kebun Anggur Pung Grape sudah membuktikan bahwa anggur bisa hidup dan berbuah di Kota Pekanbaru.

“Kedepannya, semoga bisa bekerja sama untuk membangun kampung anggur di Pekanbaru,” kata Sri.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Dinas Bidang Inovasi dan Teknologi, Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru, Yudi Adrian.

“Kita ke sini bersama Dinas Pertanian sebagai tahap awal memulai kampung anggur," ujarnya.

Terkait kampung anggur, pemilik Kebun Anggur Pung Grape, Yusuf Siregar mengaku antusias. Ia optimis bahwa kampung anggur ini akan benar-benar terwujud.

Yusuf juga berharap agar kedepannya pemerintah, terutama Dinas Pertanian dapat melihat prospek tanaman buah-buahan, terutama anggur, agar diberi perhatian dan dukungan dalam pengembangannya.

“Semoga kedepannya semakin mendapatkan perhatian,” tutupnya.