Sudah Sebanyak 6.696 Warga Pekanbaru Ikuti Rapid Test, 63 Reaktif

Rapid-test7.jpg
(dprd.pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 6.696 warga Pekanbaru telah menjalani pemeriksaan rapid test. Hasilnya 63 orang reaktif.

"Hasilnya, sebanyak 63 orang reaktif (diduga terpapar virus corona),"  kata Juru Bicara Umum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut  kepada Pekanbaru.go.id, Senin 29 Juni 2020.

Untuk 63 warga yang hasil tes reaktif, terang Ingot, kemudian dilakukan swab atau pengambilan sampel lendir di tenggorokan untuk diuji di Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau.

"Dari hasil swab yang sudah keluar, semuanya Alhamdulillah negatif atau tidak terpapar virus corona," ucapnya.

Selain rapid test, lanjut Ingot, Gugus Tugas Covid-19 Pekanbaru bersama Gugus Tugas Covid-19 Riau juga sudah melakukan pengambilan sampel swab secara massal terhadap ratusan warga yang sebagian besar juga ODP.

"Terbaru, pemeriksaan swab massal, Jumat 26 Juni 2020 kemarin kita lakukan di Pasar Agus Salim. Ada sebanyak 260 yang diswab, dan untuk hasilnya masih menunggu uji labor," paparnya.

Lebih jauh disampaikan Ingot, pemeriksaan rapid test dan swab test secara massal merupakan salah satu upaya pemerintah kota dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Untuk memutus rantai sebaran covid ini, kita juga aktif melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Di samping itu, kita juga terus mengimbau warga agar disiplin mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan," ujarnya dilansir dari Pekanbaru.go.id

"Karena tanpa ada kerja sama dari warga dengan cara mematuhi prorokol kesehatan, maka berbagai upaya penanganan yang dilakukan tidak akan berhasil," tegas Ingot menambahkan.