Lebih Ganas, Pekanbaru Dilanda Pandemi Covid-19 Gelombang Kedua

Swab-test.jpg
(pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pekanbaru dilanda gelombang kedua pandemi Corona. Dibandingkan sebelumnya gelomvang kedua diperkirakan lebih besar. Untuk itu Pemko Pekanbaru dibantu Pemprov Riau, melakukan tes swab massal di Pasar Agussalim, Pekanbaru, Jumat 26 Juni 2020.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi menyebutkan, swab massal tersebut bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 Riau.

"Program kami adalah menemukan kasus sebanyak-banyaknya. Untuk itu, kami juga akan melakukan swab massal di pasar. Swab massal ini akan dibantu Pemprov Riau," kata Mulyadi, Kamis 25 Juni 2020.

Mulyadi menyebutkan, sebaran corona pada pandemi gelombang kedua diperkirakan lebih besar daripada gelombang pertama yang berakhir di pertengahan Mei lalu. Sebab, dalam seminggu ini kasus positif cukup banyak.

"Bisa dikatakan gelombang kali ini lebih besar. Kasus seminggu ini hampir menyamai kasus beberapa bulan mulai dari pra PSBB dan tiga kali masa PSBB," jelasnya dilansir dari Pekanbaru.go,id

Ia mengimbau masyarakat agar tidak lengah. Warga harus disiplin mematuhi protokol kesehatan pengangan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah seperti menggunakan masker, menjaga jarak fisik, rajin mencuci tangan, menghindari pusat keramaian, mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Bila keluar rumah, pastikan hanya untuk urusan yang sangat penting dan tetap gunakan masker," kata dia.

Hingga berita ini diterbitkan, Tim medis telah melakukan 200 swab tes dan 150 rapid test kepada warga kota Pekanbaru. Tes tersebut masih berlangsung hingga sore hari.