Stifar Riau Laksanakan 4 Jilid Kegiatan Sosial

stifar-bem.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Angkatan 2016 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (Stifar) Riau atau yang dikenal dengan SIXNATURE STIFAR Riau melakukan 4 Jilid kegiatan Sosial ditengah pandemi Wabah Covid-19 di Provinsi Riau.

Saat ini Indonesia bahkan dunia sedang menghadapi pandemi Virus Corona atau Covid-19. Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, masyarakat dihimbau menerapkan physical distancing dengan jarak minimal 1 meter, social distancing, dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejumlah wilayah termasuk Provinsi Riau.

Tidak hanya itu, sejumlah perusahaan juga menerapkan bekerja dari rumah atau work from home serta dan melarang kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa.

Namun hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum juga mereda. Di sisi lain, pemerintah terus berupaya dengan maksimal dalam penanggulangan Covid-19 agar masyarakat semua terhindar dari wabah Covid-19.

Tak dipungkiri, pandemi Covid-19 telah berdampak kepada banyak sektor salah satunya sektor perekonomian.

Untuk meringankan beban mereka, Relawan SIXNATURE Stifar Riau menyalurkan bantuan berupa ratusan paket sembako, 12.864 Pcs Masker kain, 1.000 paket makanan Sahur dan Berbuka yang diberikan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan dengan total dana yang terkumpul adalah Rp 22.820.000.

Kegiatan yang dilaksankan mulai 22 April 2020 sampai dengan 17 Mei 2020 ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya promotif dan preventif untuk menimbulkan kesadaran kepada masyarakat.

Berikut rincian kegiatan yang dilakukan oleh Relawan SIXNATURE STIFAR Riau :

Jilid 1

Kegiatan jilid 1 ini dilaksanakan pada tanggal 22 April 2020 dengan target Pasar, Pemukiman dan Tunawisma yang ada di kota Pekanbaru, dengan Penyerahan donasi berupa Sembako, Masker kain beserta Poster Edukasi kepada masyarakat, kegiatan ini di support juga oleh Pemprov Riau, Polda Riau dan DPRD Riau, dan berkolaborasi dengan Dinkes Prov RIAU, Cipayung, Paguyuban, Mahasiswa dan beberapa Sponsor.

Jilid 2

Kegiatan jilid 2 ini dilaksanakan pada tanggal 04 Mei 2020 dengan target Pemukiman masyarakat, Pasar dan diserahkan pada pemerintahan kecamatan setempat, dengan penyerahan donasi berupa masker kain dan Brosur Edukasi kepada masyarakat kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinkes Provinsi Riau, BEM, Komunitas dan Cipayung yang ada di Kota Pekanbaru.


Jilid 3

Kegiatan jilid 3 ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 Mei 2020 dengan target Panti Asuhan dan Tunawisma, dengan penyerahan donasi berupa Sembako, Masker kain, Makanan Sahur dan Brosur Edukasi kepada masyarakat, kegiatan jilid 3 ini berkolaborasi dengan Dinkes Provinsi RIAU, Alumni, Dosen dan Civitas Akademika STIFAR Riau.

Jilid 4

Kegiatan jilid 4 ini dilaksanakan pada tanggal 12-17 Mei 2020 dengan target Panti Asuhan dan Tunawisma dengan penyerahan donasi berupa makan sahur dan berbuka dengan total 1000 paket makanan selama kegiatan yang berkolaborasi dengan BEM dan Cipayung.

Menurut Koordinator Kegiatan Bansos, Yaprion, kegiatan yang telah dilaksanakan selama lebih kurang satu bulan ini berjalan dengan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah kegiatan bakti sosial dari jilid 1 sampai jilid 4 terlaksana dengan lancar. Saya Alumni Stifar Riau sekaligus koordinator dari Sixnature mengucapkan terima banyak kepada rekan-rekan juang baik dari mahasiswa siswa Stifar, ibu/bapak dosen dan aliansi mahasiswa se-Riau serta para donatur. Semoga perjuangan kita dalam melawan covid19 dapat di nilai pahala di sisi Allah SWT," kata Yaprion, Senin, 18 Mei 2020.

Kemudian, apa yang diinginkan Stifar dalam mencapai tujuan untuk memutus rantai penyebaran covid19 terwujudkan dengan berbagai usaha yang telah dilakukan dan do'a kepada Tuhan yang maha Esa tentunya.

"Semoga masyarakat selalu mematuhi protokol Covid-19 yang telah di sampaikan oleh pemerintah dan para pejuang dari mahasiswa Riau,x tambahnya.

Sementara itu, Demisioner Ketua BEM Stifar Sandika Syaputra juga menyampaikan terimakasih kepada donatur yang terlibat mulai dari Pemprov Riau, Pola Riau, DPRD Riau, RS yang ada di Riau Perusahaan Swasta dan pihak-pihak lainnya.

"Semoga seluruh rangkaian kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan dapat terus dilakukan pendampingan agar masyarakat kita dapat melewati wabah ini dengan selamat, Salam sehat, sehat Riauku, Hidup Mahasiswa!” tutup Sandika Syaputra yang juga Koordinator Pusat Aliansi Mahasiswa Kesehatan Riau (AMKR).