Pembatasan Jalan Menyusahkan Warga, Sekda: Itu Kewenangan Satlantas

M-Noer.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -Masyarakat Kota Pekanbaru mengeluhkan pembatasan jalan yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Pekanbaru sejak seminggu belakangan ini, dimana Pemko menutup akses jalan Jenderal Sudirman dan HR Soebrantas.

Salah seorang warga Pekanbaru, Heri mengeluhkan jalanan yang ditutup saat intensitas masyarakat yang melintas sedang tinggi-tingginya, ini sangat merugikannya sebagai warga Pekanbaru.

"Saya aja dari Tenayan Raya ujung itu mau ke kota satu jam lebih, biasanya cuma setengah jam," kata Heri, Sabtu, 9 Mei 2020.

Disampaikan Heri, ia mengaku tak tahu jalan pikiran Walikota Pekanbaru, Firdaus yang menutup akses jalan dengan alasan membatasi pergerakan masyarakat sehingga bisa menekan angka penularan Covid-19.

Tapi jika dipikirkan pakai akal sehat, lanjut Heri, yang terjadi adalah hal sebaliknya, angka penularan bisa lebih cepat menular karena ditutupnya akses jalan utama ini.

"Misalnya saya yang biasa lewat harapan raya mau ke kota, harus lewat jalan Pesantren. Jalannya lebih kecil, dan karena semua dialihkan kesana, jarak antara pengendara satu dengan yang lainnya semakin dekat. Kalau yang punya mobil enak lah," jelasnya.

Anggota Komisi I DPRD Riau, Markarius Anwar juga menyampaikan hal serupa, ia mengingatkan Pemko Pekanbaru terhadap potensi bahaya penyebaran Covid-19 di siang hari Kota Pekanbaru.

"Esensinya apa? Kalau jalan ditutup orang mencari jalan yang lebih kecil lagi. Artinya malah semakin macet dan semakin berdekatan satu sama lain, apalagi kalau ada yang tidak pakai masker. Lebih berbahaya lagi itu," kata politisi yang kerap disapa Eka ini.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer menegaskan kewenangan menutup jalan utama ada di Satuan Lalulintas Polresta Pekanbaru, sedangkan Dishub Kota posisinya ada di perbatasan.


"Itu kebijakan satlantas. Kita hanya di perbatasan saja. Secara teknis mereka (Satlantas) lah eksekutornya," ujarnya, Jumat, 8 Mei 2020 usai menggelar rapat dengan DPRD Kota Pekanbaru.

M Noer memastikan dirinya akan memberikan masukan kepada Satlantas terkait keluhan masyarakat terhadap penutupan jalan utama ini.

"Kita bisa memberi saran, misalnya setiap jalan yang ditutup harus ada petugas yang jaga. (Keluhan) ini nanti akan saya

-->