Hari Terakhir PSBB, DPRD Pekanbaru:Kami Tidak Tahu Anggaran Dikemanakan Saja

Ketua-DPRD-Pekanbaru.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru mengakui tidak tahu bagaimana mekanisme penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) yang akan dilakukan oleh Pemko Pekanbaru meski masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan berakhir hari ini.

 
"Sejauh ini kita sudah menyepakati dan masyarakat juga sudah mengetahui, ada Rp 115 M anggaran untuk menangani Covid tapi ini belum jelas dipakai kemana saja uangnya," kata Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani usai menerima pengaduan sejumlah Ketua Forum RT/RW se-Pekanbaru, Kamis, 30 April 2020.
 
Begitu juga dengan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, DPRD tidak tahu berapa porsi anggaran untuk pembagian sembako dan berapa porsi untuk masalah kesehatan.
 
Sebab, sampai hari inipun DPRD melihat Pemko hanya membagikan bantuan sosial dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 100 Ton beras dan dibagikan ke 15.625 KK. Bantuan ini bukan dari APBD Kota Pekanbaru. 
 
"Bansos dari CBP inipun disalurkannya di pertengahan PSBB. Harusnya bisa dikeluarkan dari awal, mengapa baru sekarang dibagikan?" tambahnya.
 
Terkait jawaban atas sejumlah pertanyaan dan keluhan dari Forum RT/RW, dikatakan Hamdani akan ia lanjutkan ke Pemko Pekanbaru, dalam hal ini Gugus Tugas Covid-19 yang juga sebenarnya diundang rapat hari ini.
 
"Besok akan kita beri undangan terakhir untuk meminta solusinya. Apalagi besok akan diperpanjang PSBB. Kita ingin ada langkah kongkrit mengatasi masalah PSBB ini," tutupnya.