Mantap, DPRD Riau "Sunat" Uang Beli Mobil Baru dan Dana ke Luar Negeri demi Pencegahan Covid-19

Wakil-DPRD-Riau-Hardianto.jpg
(istimewa)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto memastikan pihaknya akan merasionalisasi anggaran mobil dinas Pimpinan DPRD guna menambah pos anggaran di pencegahan virus Covid-19.
 
Dikatakan Sekretaris DPD Gerindra Riau ini, pihaknya akan terlebih dahulu rapat dengan pimpinan DPRD Riau lainnya maupun dengan Gubernur Riau, Syamsuar terkait ini.
 
Hardianto menyampaikan, meski dirinya adalah pimpinan DPRD Riau, dirinya tidak berwenang mengambil keputusan sendiri. Karena, setiap keputusan harus disepakati secara kelembagaan.
 
"Dilihat dari filosofi jabatan, secara etika dan idealnya  kami harus menyepakati secara kolegial, tidak bisa saya statement pribadi dan ambil kebijakan sendiri," kata Hardianto, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Tak hanya anggaran mobil dinas saja, DPRD Riau juga akan merasionalisasi anggaran perjalanan luar negeri yang dianggarkan sebesar Rp 16 Milyar di APBD Riau 2020.
 
"Kita akan kaji nanti di internal DPRD, berapa yang harus rasionalisasi? Nanti baru kita drop ke anggaran Penanggulangan covid 19. Tapi sekali lagi, kita akan bersikap secara kelembagaan," tuturnya.
 
Semua mekanisme rasionalisasi cepat ini, dipastikan Hardianto akan melibatkan Gubernur, sehingga setiap keputusan terakumulasi menjadi satu kesatuan dalam bentuk penanggulan Covid-19.
 
"Ini kan kami harus tau positioning kami sebagai pemegang amanah rakyat, sekarang kita serba kesulitan dan penuh kecemasan, dan ini diluar kemampuan kita, makanya harus ada rasionalisasi," tutupnya.