Aktual, Independen dan Terpercaya


Demi Menyelamatkan Nyawa, Pemerintah Jangan Tutupi Informasi Terkait Corona

Hardianto-geridra-Riau.jpg
(Hasbullah)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah pusat diminta jangan lagi menutup-nutupi data terkait sebaran virus covid-19 yang saat ini sudah menjangkit 100 orang lebih di Indonesia.
 
Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto. Menurut Hardianto, secara manusiawi ketika masyarakat merasa situasi aman maka tingkat kewaspadaannya akan menurun.
 
Begitu juga sebaliknya, ketika masyarakat merasa cemas maka tingkat kewaspadaan dari masyarakat akan tinggi sehingga mereka akan mencari cara agar tidak terpapar.
 
"Pemerintah pusat jangan tutup-tutupi informasi sedetail apapun, sudah berapa orang yang kena, dimana saja titik sebarannya. Itu informasi yang sangat penting," ujar Sekretaris DPD Gerindra Riau ini, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Jika pemerintah menutupi informasi dengan alasan menenangkan masyarakat, Hardianto khawatir kewaspadaan masyarakat menurun hingga sewaktu-waktu jumlah korban virus Covid-19 meningkat drastis.
 
Terkait kekhawatiran adanya panic buying jika informasi Corona dibuka selebar-lebarnya, menurut Hardianto itu masih lebih baik ketimbang masyarakat merasa aman sementara namun berdampak buruk di kemudian hari.
 
"Kalau tak diedukasi dengan baik, pemerintah mau menyelematkan ekonomi atau menyelematkan nyawa. Nauzubillah jumlah korban virus ini bisa meledak," tambahnya.