Resmi Difungsikan, Rombongan Gubri Syamsuar Jajal Seksi I Tol-Pekanbaru Dumai

tol-pku.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tol Pekanbaru - Dumai seksi I sepanjang 13,5 Kilometer resmi dioperasikan, Senin 23 Desember 2019. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama rombongan tampak langsung meninjau ujicoba tol Pekanbaru - Dumai seksi I ini.

Sebelum menjajal tol, Gubri Syamsuar pun sempat mengecek kesehatannya di rest area yang ada di samping kanan pintu tol Muara Fajar Rumbai. Gubri Syamsuar pun sempat foto bersama dengan latar belakang pintu tol Pekanbaru - Dumai di Pintu Muara Fajar Rumbai.

Tidak lama setelah itu, Gubri bersama rombongan pun langsung melintasi Tol Pekanbaru - Dumai Seksi I. Rombongan iring-iringan kendaraan masuk melalui pintu Muara Fajar Rumbai dan keluar di Perempatan Perawang.

Uji coba tol Pekanbaru - Dumai seksi I ini hingga 2 Januari 2020 mendatang. Selama masa uji coba berlangsung, mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020 pengendara yang melintasi jalan tol ini akan digratiskan.

"Hari ini sampai tanggal 2 Januari 2020 tol Pekanbaru Dumai seksi 1 resmi kita fungsionalkan," kata Kepala Cabang Tol Pekanbaru- Dumai, Indrayana, Senin 23 Desember 2019.

Tol Pekanbaru - Dumai seksi 1 ini dioperasikan mulai pukul 08.00 Wib hingga 16.00 Wib khusus untuk kendaraan golongan 1 atau non bus. Selama tahap ujicoba berlangsung, pihak pengelola tol, kendaraan yang melintas di ruas jalan tol Pekanbaru - Dumai ini masih dibebaskan biayanya alias gratis.

"Ujicoba ini sekaligus untuk kepentingan natal dan tahun baru. Karena saat natal dan tahun baru itukan lalulintas padat. Jadi kalau tol Pekanbaru -Dumai seksi 1 itu dibuka bisa mengurai kemacetan," kata Indra.

Pihak Hutama Karya juga mengaku sudah mempersiapkan fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol. Seperti rambu-rambu dan marka jalan dan armada pelayanan lalulintas.

"Kita sudah siapkan ambulance dan kendaraan patroli untuk armada pelayanan lalulintas," katanya.

Tidak hanya itu, pihak PT Hutama Karya (Persero) juga sudah menyiapkan dua titik pos Polisi lalulintas yang ditempatkan di simpang masuk ringroad KM 19 serta di simpang perawang.

"Sudah kami koordinasikan dengan Polres setempat agar dapat menyiagakan personilnya di masing-masing pos tersebut," ujarnya.

Sementara untuk seksi 2 hingga seksi 6 saat ini terus digesa pembangunannya. Sejauh ini untuk seksi 4 dan 6 sudah tidak ada masalah lagi terkait dengan pembebasan lahanya. Hanya tinggal seksi 3 dan 4 saja yang masih ditemukan sejumlah kendala. Pihaknya menargetkan Maret 2020 proyek pembangunan tol Pekanbaru - Dumai tuntas dikerjakan.

"Maksimal Maret 2020 kita selesaikan, karena ada beberapa ruas yang masih proses pengerjaan," ujarnya. (*)