PKS Perintahkan Kader Bantu Korban Banjir

pks.jpg
(hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah memperlihatkan aksinya di saat bencana kabut asap lalu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali menggelar aksi sosial untuk mengatasi banjir yang melanda di sejumlah kawasan di Riau.

Ketua DPW PKS Riau, Hendry Munief, mengatakan sudah mengintruksikan semua kader yang daerahnya terdampak banjir untuk terjun membantu masyarakat.

Sejauh ini sudah ada empat kabupaten yang sedang dibantu oleh PKS, yakni Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, dan Pelalawan.

"Kita mulai dari empat ini, kita minta mereka segera mungkin lakukan proses aksi sosial, turun ke lapangan, lihat data korban kemudian beri bantuan seperti nasi bungkus atau lainnya," kata Hendry, Senin, 16 Desember 2019.

Kemudian, saat ini dirinya juga sudah meminta masing-masing DPD melakukan mapping berkelanjutan tentang kondisi di daerahnya masing-masing.

"Kemarin pak Syahrul Aidi sudah turun ke Kampar, kemungkinan kita (DPW) juga akan turun ke Kampar menyapa masyarakat sekaligus memberi semangat pada kader yang tengah bertugas," tambahnya.

Terkait kendala saat ini, diakui Hendry, adalah simpang siurnya informasi tentang bencana banjir sehingga PKS sudah memerintahkan tim Unit Reaksi Cepat (URC) PKS untuk mengkonfirmasi setiap informasi.

"Makanya kami punya tim URC, mereka yang pertama mengkonfirmasi setiap info bencana. Setelah terkonfirmasi, baru kita libatkan Tim Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang terdiri dari divisi kesehatan dan sosial," pungkasnya.

Divisi Kesehatan bertugas untuk memberikan bantuan medis, lalu divisi sosial akan memberi bantuan serta menjalin kerjasama dengan lembaga maupun yayasan kemanusiaan.

Lebih jauh, PKS juga mendapat informasi bahwa ada pos anggaran untuk dana pasca banjir di porsi APBN, sehingga PKS akan berupaya untuk menarik dana itu agar turun ke Riau.