Debit Air Sungai Kuantan Naik, Warga Diminta Waspada Banjir

debit-air-kuantan.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Warga yang bermukim di tepi aliran Sungai Kuantan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau diminta untuk tetap waspada.

Pasalnya debit air Sungai Kuantan terutama di bagian hulu di Kecamatan Kuantan Mudik masih terus naik sejak pagi hingga sore pada Senin, 9 Desember 2019 pukul 15.10 WIB.

"Kondisinya sekarang lebih dalam dari sebelumnya," ujar Zulman, warga Banjar Padang, Kecamatan Kuantan Mudik, ketika dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Senin sore.

Zulman mengatakan, ini untuk kedua kalinya air Sungai Kuantan meluap merendam ruas jalan semenisasi milik desa yang ada dipinggir Sungai Kuantan menuju Pendopo Perahu Baganduang.

"Sebelumnya jalan semenisasi ini juga terendam, tapi masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Sekarang (Senin,red) ruas jalan yang terendam tidak bisa lagi dilalui kendaraan roda dua, ini tandanya lebih dalam dari sebelumnya," katanya.

Lanjut Zulman, debit air Sungai Kuantan sudah naik sejak Senin siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB tadi. "Kalau hujan lagi otomatis air Sungai Kuantan akan bertambah naik," katanya.

Hal senada juga disampaikan Camat Kuantan Mudik Sadarisnah, hingga sore ini debit air Sungai Kuantan masih terlihat naik.

"Kondisinya masih naik, meskipun belum ada laporan rumah di Kuantan Mudik terendam," katanya.