Aktual, Independen dan Terpercaya


Guru Bergaji Hanya Ratusan Ribu, Zukri: Itu Tidak Manusiawi

zukri-misran-dprd.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil ketua DPRD Riau, Zukri, berharap agar pemerintah bisa lebih memperhatikan nasib guru-guru yang saat ini mengabdi di dunia pendidikan di Riau baik itu swasta maupun negeri.

"Seharusnya tidak boleh ada guru yang gajinya hanya ratusan ribu. Itu tidak manusiawi. Kita harap pemerintah konsisten, pemerintahkan sudah menetapkan Upah Minimum Karyawan (UMK), harusnya upah guru disesuaikan dengan itu," ujar Zukri, Senin, 25 November 2019.

Jika masih ada ditemukan guru yang bergaji di bawah UMK kata politisi PDIP ini, maka sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk memberikan kesejahteraan bagi guru tersebut.

Sebab, pemerintah sendiri saat ini sudah menganggarkan pendidikan gratis yang di dalamnya terdapat biaya untuk komite.

Pendidikan kata Zukri, merupakan sektor penting dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. "Berbicara peningkatan SDM, tentu pintu masuknya di pendidikan," tutur Zukri.

Terkait guru yang menumpuk di daerah perkotaan, dijelaskan Zukri menjadi PR terbesar dinas dalam melakukan mapping agar kebutuhan guru di setiap daerah bisa dipenuhi.

"Jangan menumpuk di sekolah-sekolah favorit saja, harus ada mapping. Daerah yang jauh juga butuh pendidikan, tidak hanya di kota saja. Evaluasi total lah," tutupnya.