Penuh Drama, Wagub Riau tak Cantumkan Nama Sekdaprov di Papan Ucapan Selamat

papan-bunga-wagubri.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Drama dan misteriusnya siapa akan dilantik sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau berdampak terhadap marwah Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Eddy Natar Nasution. 

Sebagai Wagubri, Eddy Natar Nasution sama sekali tak tahu siapa akan dilantik. Terbukti, papan ucapan selamat atas namanya sama sekali tak cantumkan nama Sekdaprov tersebut. Wagubri tidak ingin mengambil risiko dengan mencantumkan nama Sekdaprov Riau yang tak tahu siapa akan dilantik siang ini.

Padahal, lepas Salat Jumat, pukul 14.00 WIB, akan dilakukan pelantikan Sekdaprov oleh Gubernur Riau, Syamsuar di Balai Pauh Janggi, Gubernuran. 

Tak hanya karangan bunga ucapan selamat dikirim Wagubri Eddy Natar Nasution saja tanpa sebut nama, sejumlah sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemprov Riau juga melakukan hal serupa.

Sejak Orde Reformasi 20 tahun terakhir ini, baru sekaranglah jabatan Sekdaprov belum diketahui siapa namanya hingga hari pelantikan oleh masyarakat Riau. 

Terbukti, deretan karangan bungan ucapan selamat pelantikan Sekdaprov Riau dijejer di Gedung Daerah Jalan Diponegoro, Pekanbaru tidak mencantumkan nama di dalam karangan bunga ucapan selamat tersebut.

Pemandangan ini seolah menguatkan dugaan publik terkait teka-teki siapa Sekdaprov Riau yang akan dilantik siang ini. Meski nama Yan Prana santer diberitakan, namun Said Syarifuddin, saat ini menjabat Sekda Inhil juga ramai diperbincangkan masyarakat.

"Belum berani kita buka, amplopnya masih disegel, nanti kita serahkan ke Pak Gubernur," kata Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Jumat 22 November 2019.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menerbitkan surat Keputusan Presiden (Keppres) tentang penunjukan Sekdaprov Riau. Keppres tersebut sudah diterima oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Rabu sore, 20 November 2019.

Dengan diterbitkannya Keppres tersebut, maka kekosongan Sekdaprov Riau yang sudah berlangsung selama lebih kurang 3,5 bulan pun akan segera diisi dengan Sekdaprov Riau yang baru.

Namun sayang, meski Kepres penunjukan Sekdaprov Riau sudah ditangan BKD Riau, sejauh ini belum diketahui siapa Sekdaprov Riau yang ditunjuk oleh presiden melalui Keppres tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya tim Pansel mengusulkan tiga nama ke Kemendagri untuk ditetapkan sebagai Sekdaprov Riau. Tiga nama tersebut diantaranya adalah Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak, Yan Prana, kemudian Sekda Inhil Siad Syaripuddin dan Kepala Dinas Perindustrian Riau Asrizal.

Ketiga nama ini diusulkan ke presiden untuk ditunjuk menjadi Sekdaprov Riau setelah melalui Seleksi Terbuka yang dilakukan oleh tim Pansel. Tiga nama tersebut diumumkan sebagai peserta yang lulus seleksi dengan nilai tertinggi. (*)