Malam Ini, Lahan di Bukik Cokiak, Singingi, Terbakar

Bukik-Cokiak-Terbakar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Malam ini, Sabtu, 12 Oktober 2019, api membakar lahan di Polsek Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Kebakaran lahan kembali terjadi diwilayah hukum Polsek Singingi, Kabupaten Kuansing, Riau, Sabtu 12 Oktober 2019 malam ini.

Lokasi lahan terbakar tersebut berada di sekitar kawasan Bukik Cokiak, Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi atau sekitar tiga kilometer dari tepi jalan nasional Teluk Kuantan-Pekanbaru.

"Ya bang, Damkar lagi di lokasi," ujar Camat Singingi, Irvansyah membenarkan ada kebakaran lahan terjadi di wilayahnya, Sabtu malam ini.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kebakaran dan Penyelamatan Kuansing, telah berada di lokasi dengan menurunkan tiga armada pemadaman. 

"Ada tiga armada yang turun, sekarang masih melakukan pemadaman," ujar Roby, juru padam dari Damkar Kuansing. 

Roby, bersama kawan-kawannya tengah berjibaku ikut melakukan pemadaman hingga pukul 21.10 WIB malam ini. Ia mengatakan, lahan terbakar tersebut lokasinya memanjang.

"Kita terpaksa berpencar memadamkan, karena ada tiga titik terbakar," ujarnya.

Lahan terbakar tersebut, katanya, merupakan lahan kebun karet masyarakat. "Seperti kebun karet, tapi terbakarnya memanjang gitu. Informasi masyarakat terbakarnya baru sore tadi," jelasnya. 

Hingga pukul 21.20 WIB, tuturnya, sebagian sudah bisa dipadamkan, dan sebagian lagi api masih membesar. Petugas pemadam berupaya memadamkan. 

"Sedang berupaya melakukan pemadaman, mobil yang dua ada di dalam saat ini, kita berada di bagian tepi. Tadi naiknya di jalan semenisasi, tidak jauh dari jembatan Muara Lembu di atas bukit ini. Dua mobil tadi mengambil jalan lain menuju lokasi lahan terbakar," katanya.