Aktual, Independen dan Terpercaya


Siap-Siap, Tim Terpadu Pencegahan Narkoba Akan Tes Urine ASN Pemprov Riau

P4GN.jpg
(humas)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau membentuk tim terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (PG4N) Provinsi Riau. Salah satu agenda yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah melakukan tes urine di internal sejumlah lembaga. Diantaranya di internal Pemprov Riau, Korem dan jajaran Polda Riau.

"Sasaranya adalah seluruh ASN, calon ASN, kemudian TNI, calon TNI dan Anggota Polri, calon anggota Polri. Itu nanti semua akan dilakukan tes urine," kata Wakil Gubernur Riau, Edi Natar Nasution usai memimpin rapat PG4N di Kantor Gubernur Riau, Senin 2 September 2019.

Rapat tim terpadu PG4N ini dihadiri oleh berbagai instansi dan lembaga di Riau. Diantaranya dari Polda Riau, TNI, BNNP Riau, Kejati Riau, Kanwil Kemenag, LAM dan sejumlah OPD terkait dilingkungan Pemprov Riau.

Edy menegaskan, pihaknya memberikan sanksi tegas jika ada ASN dan pegawai yang terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba. Tidak hanya sekedar ancaman, sejauh ini sudah ada 8 orang pegawai di lingkungan Pemprov Riau yang dipecat karena terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Kita sudah memecat delapan orang Tenaga Harian Lepas (THL) di Dispora Riau karena terindikasi dalam penyalahgunaan narkoba," ungkapnya.

Selain melakukan tes urine, tim terpadu PG4N juga akan menyusun rencana aksi di masing-masing instasi dan lembaga terkait yang terlibat dalam tim terpadu PG4N ini.

"Rencana aksi dalam minggu ini disusun, kemudian dua setengah bulan dari sekarang, kita rapat evaluasi," kata Edy. (*)