Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Pemprov Riau Dibuka Pertengahan September

Kepala-BKD.jpg
(Azhar)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan memastikan jadwal penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Riau baru akan dibuka setelah pelantikan presiden. Informasi ini didapatkan setelah pihak BKD Riau melakukan koordinasi dengan kementerian terkait dan BKN Pusat.

"Hasil koordinasi kita dengan kementrian dan BKN seperti itu. Jadi kemungkinannya setelah pelantikan presiden. Paling cepat itu dipertengahan September, karena pelantikan presiden kan infonya di bulan Oktober," kata Ikhwan Jumat 31 Agustus 2019.

Sejaun ini pihaknya sudah mengusulkan formasi CPNS ke Kemanpan RB sebanyak 328 formasi. Dari jumlah tersebut, PPPK mendapatkan kuota lebih besar yakni 70 persen sedangkan sisanya 30 persen lagi adalah untuk kuota CPNS.

"Formasi untuk CPNS sudah kita usulkan ke Kemenpan dan BKN. Tapi apakah dari usulan yang kita sampaikan ini nanti akan terima sebanyak kuota yang kita usulkan atau seperti apa, kita belum tau, karena sampai sekarang belum ada jawaban," jelasnya.

Meski belum mendapatkan kepastian terkait berapa banyak jatah kuota CPNS untuk Pemprov Riau, pihaknya optimis pada tahun ini tetap akan dilakukan penerimaan CPNS. Sebab informasi yang pihaknya dari kementrian terkait, pemerintah pusat sudah menganggarkan penerimaan CPNS di tahun 2019 ini.

Sehingga jika tidak dilaksanakan pada tahun ini, maka anggaran penerimaan CPNS tersebut bisa menyebabkan sisa Lebih Penggunaan Anggaran atau Silpa di APBN.

"Informasi dari kementrian seperti itu, penerimaan CPNS tetap ada tahun ini, karena kalau tidak dilaksanakan itu bisa Silpa di pusat (APBN). Karena sudah dianggarkan," katanya. (adv)