Tertinggal dari Rombongan, Kondisi Gajah Intan Mengkhawatirkan

Intan-anak-gajah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Intan hanya bisa mondar-mandir di areal konsesi Hutan Tanaman Industri milii PT Riau Andalan Pulp and Paper wilayah Mandau Kabupaten Siak. Anak gajah betina itu tak tertinggal dari rombongannya.

Padahal usai diselamatkan dari jerat, tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berharap Intan mampu mengejar ketertinggalannya dari kawanan.

Namun kini, Intan telah tertinggal sejauh 57 km dari rombongan gajah (elephas maximus sumatranus) yang berjumlah 10-15 ekor itu.

Kondisi tubuh gajah betina berusia empat tahun itu juga semakin memburuk. Hal itu diketahui dari kotorannya di area konsesi.

"Kita khawatirkan anak gajah ini akan semakin memburuk kondisinya," kata salah satu anggota tim BBKSDA Riau yang berada di lapangan, drh. Rini Deswita, Jumat, 14 September 2018.

RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA

Selain itu, berat badan gajah yang akan beranjak dewasa ini juga semakin menurun. BBKSDA Riau, kemudian memutuskan untuk mengevakuasinya ke Pusat Latihan Gajah (PLG) yang berada di Minas.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono memutuskan penyelamatan itu harus dilakukan setelah melalui rapat internal di lingkungan mereka pada 12 September 2018.

"Mempertimbangkan kondisi anak gajah, maka kami memutuskan untuk segera mengevakuasi dan membawa anak gajah ke PLG," jelasnya.

Dengan bantuan gajah yang lebih besar, Intan diiring menaiki truk dan dibawa ke PLG untuk menjalani pemulihan pasca jerat yang mengikat di kaki depan kanannya.

Jerat yang diperuntukkan untuk babi itu melukai pergelangan selebar lebih dari 10 cm hingga sekeliling. Namun kini luka itu telah diobati. Meninggalkan bekas yang ditutupi dengan cairan putih yang telah mengeras. Intan sebelumnya juga telah mendapatkan pertolongan pemberian obat anti peradangan, vitamin sampai obat cacing.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id