Aktual, Independen dan Terpercaya


Begini Cara Pemprov Riau Bantu Korban Gempa Lombok

Sekretaris-Da3erah-Provinsi-Riau-Ahmad-Hijazi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersikukuh akan tetap memberikan bantuan untuk korban gempa Lombok. Padahal saat ini, Pemprov Riau tengah mengalami defisit anggaran

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan bahwa bantuan untuk korban gempa Lombok akan sedikit berbeda. Karena ini, merupakan saran langsung yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri saat pihaknya mengadukan kondisi keuangan yang tengah merosot.

"Kemarin kita sudah berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Dalam situasi kita yang tengah menghadapi defisi yang begitu besar akibat tunda salur yang akan memberatkan bagi APBD kita, maka kita disarankan kalau tidak dapat memberikan bantuan keuangan, paling tidak masyarakatnya di iventarisasi," katanya, Senin, 27 Agustus 2018.

Baca Juga: Riau Gunakan Skema Bantuan Keuangan Demi Bantu Korban Gempa Lombok

Artinya, bagi masyarakat Riau melalui lembaga-lembaga yang ada akan difasilitasi oleh Pemprov Riau untuk menyalurkan bantuan pada masyarakat Lombok yang membutuhkan.

"Itu kan banyak yang mengumpulkan bantuan masyarakat untuk ke Lombok. Mungkin kita hanya berpartisipasi saja. Nanti mereka kita data dan akan kita sampaikan ke Mendagri," tambahnya.

Sedangkan untuk memberikan bantuan keuangan kepada masyarakat Lombok, Hijazi menambahkan bahwa pihaknya akan berusaha untuk dapat memberikannya kepada masyarakat Lombok ditengah minimnya anggaran mereka.

Klik Juga: Ekonomi Sulit, Riau Bimbang Bantu Lombok Pakai APBD

"Untuk masalah bantuan keuangan mekanismenya kan juga ada. disamping menelusuri kemungkinannya juga ada aturan yang membolehkan. Juga kita harus mempertimbangakan bahwa bantuan keuangan itu adalah sunah, bukan wajib bagi pemerintah daerah," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id