Presiden Bakal Sematkan Gelar untuk Tokoh Panglima Budaya dari Riau Ini

Tenas-Effendi.jpg
(Lembaga Adat Melayu Riau)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo akan menyematkan gelar dan tanda kehormatan untuk budayawan Melayu Riau Tenas Effendi pada 16 atau 17 Agustus 2018 mendatang di Istana Negara.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Tanda Jasa Ida Kusuma, Ka Bag Tanda Jasa Sekretariat Militer Sekretariat Negara Republik Indonesia, Ida Kusuma, Kamis, 9 Agustus 2018 kemarin ketika melakukan verifikasi di kediaman Tenas Effendi di Pekanbaru.

Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zen menyebutkan tokoh panglima kebudayaan itu, akan diberi gelar dan tanda kehormatan sebagai Bintang Maha Putra dan Budaya Dharma, sebagaimana diusulkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia kepada Setneg.

Namun, pihaknya masih menunggu keputusan Presiden Jokowi terkait gelar dan tanda kehormatan yang akan diterima bapak Tunjuk Ajar itu.

Tenas diusulkan untuk diberi gelar dan tanda kehormatan karena jasanya di bidang kebudayaan di Indonesia. Selain itu, Tenas juga merupakan tokoh berpengaruh di Asia Tenggara.

Dua karya Tenas Effendi yang mendapat pengakuan sebagai warisan budaya nasional adalah Tunjuk Ajar Melayu dan Selembayung. Dua karya itu meraih sertifikat Warisan Budaya Takbenda (WBT) dari Kemendikbu pada 2016.

Selain penyematan gelar dan tanda kehormatan di Istana Negara, menurut Yos, akan digelar pula perayaan selamat di Kemendikbud pada 26 September mendatang.