Pertamina Ambil Alih Blok Rokan, Gubri: Beri Dampak Positif ke Riau

Gubri-dan-Menteri-ESDM.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsuadjuliandi Rachman berharap PT Pertamina (persero) yang mendapat mandat untuk mengelola Blok Rokan yang akan dilepas PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), mampu mengangkat perekonomian masyarakat Riau.

Pasalnya selama berada di tangan PT CPI, kesejahteran masyarakat Riau khususnya penduduk tempatan sampai masyarakat adat dianggap terabaikan dan tidak diperhatikan.

"Harapannya tentu Pertamina dapat memberikan dampak positif bagi daerah dalam rangka untuk membangun Riau kedepan," katanya di rumah dinasnya, Rabu, 1 Agustus 2018.

Jika nanti Pertamina sudah mengelola Blok Rokan, Gubri yang akrab disapa Andi Rachma itu mengingatkan perusahaan berplat merah ini harus melakukan langkah-langkah seperti pengembangan usaha masyarakat diiringi perhatian ke masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang tentunya dimiliki oleh setiap perusahaan sekelas Pertamina.

Baca Juga Sederet Fakta Terkait Blok Rokan Riau yang Diserahkan ke Pertamina

Sebelum dikelola oleh Pertamina, Pemerintah Provinsi Riau menunggu langkah seperti apa yang akan ditempuh pasca berakhirnya kontrak PT CPI di tahun 2021 mendatang, untuk turut melibatkan diri dalam pengelolaan Blok Rokan.

"Keputusannya kan ada di tangan pusat. Kita ini hanya perpanjangan tangan pemerintah pusat. Sebagai perusahaan negara, tentu akan tahu termasuk keputusan menteri," tutupnya.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memilih PT Pertamina (Persero) untuk mengelola salah satu ladang minyak terbesar di Indonesia, Blok Rokan.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengumumkan keputusan besar ini pada Selasa, 31 Juli 2018 malam.