Percayakan Karhutla ke Satgas, Gubri: Kalau Perlu Turunkan Pasukan

Gubri-Andi-Rachman2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman meyakini bahwa satgas karhutla Riau mampu mengatasi dan memadamkan karhutla yang mulai mengancam di Riau.

Dalam 48 jam terakhir, satelit penginderaan jauh Terra/MODIS, Aqua/MODIS, dan SNPP/VIISR yang diterima oleh Stasiun Bumi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Parepare (Sulawesi Selatan) dan Rumpin (Jawa Barat) mencatat sebanyak 87 titik panas dengan tingkat confidence di atas 70 persen berada di Provinsi Riau.

"Ini mungkin disebabkan karena di daerah tertentu di Riau cuacanya masih panas. Alhamdulilah, dengan koordinasi yang ada, baik jajaran yang ada sesuai perintah akan kita akan padamkan karhutla," katanya, Rabu, 18 Juli 2018.

Menurutnya, dibantu BPBD Riau, satgas yang ada saat ini terus berjibaku turun ke lapangan agar bencana asap tidak kembali terjadi setelah dalam dua tahun terakhir kabut asap tidak menghantui Bumi Lancang Kuning.

Baca Juga Seluruh Helikopter Kerahkan Atasi Karhutla 5 Wilayah Riau

"Kawan-kawan kita saat ini masih terus berada di lapangan. Kalau perlu kita akan menurunkan pasukan yang sudah disiapkan. Kita tentu punya kepentingan untuk mengatasi karhutla ini," tegasnya.

Harapannya, kegiatan internasional Asian Games di Palembang dan Jakarta, Harteknas di Riau dan kegiatan nasional lainnya tidak akan terganggu akibat asap karena satgas kini sedang bekerja keras memadamkan dan menangani karhutla Riau.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id