Aktual, Independen dan Terpercaya


Tokoh Petani Ini Sebut Syamsuar Sosok Tepat Jadi Gubernur Riau

Syamsuar-ditelpn-Sandiaga-Uno.jpg
(fakhrurrodzi)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tokoh masyarakat dari kalangan petani, Fachri Yasin mengatakan bahwa sosok Syamsuar-Edy Natar Nasution merupakan pasangan yang tepat dan mampu mengangkat perekonomian kaum petani.

Fachri yang juga merupakan salah satu tokoh yang berasal dari suku Minang ini mengatakan bahwa pembuktian itu bisa dilihat dari Kabupaten Siak yang telah lama memajukan para petaninya.

"Saya sebagai orang pertanian sudah melihat langsung bagaimana aksi dari pasangan ini. Terutama saat Syamsuar masih menjadi Bupat Siak," katanya, Kamis, 28 Juni 2018.

"Seperti usaha keras 1500 ha kebun sawit yang telah dikemasnya. Itu terkait umur yang akhirnya kebun sawit masyarakat dilakukan peremajaan. Saat ini para petani sawit di Siak yang banyak terkendala secara swadaya mendukung Syamsuar," jelasnya.

Tak hanya itu, Fachri menambahkan bahwa dirinya juga melihat langsung bagaimana Syamsuar dengan Kabupaten Siak mampu memperhatikan nasib para petani karet, kelapa termasuk petani sagu.

"Dia juga peduli ke arah sana. Termasuk agro industri hilir yang diharapkannya Siak tidak hanya mampu menghasilkan Crude Palm Oil (CPO). Melainkan juga terhadap turunannya," imbuhnya.

Baca Juga Syamsuar: Terima Kasih Warga Riau, Mari Kita Bangun Riau Lebih Baik

Menurutnya Syamsuar juga begitu konsen dengan nasib para kalangan petani padi yang disebutkannya telah maju dengan teknologi pertanian.

"Persoalannya kan saat ini anak muda sekarang malas jadi petani. Selain itu, masalah teknologi juga menghantui para petani padi. Salah satu pemecahannya ialah dengan cara mekanisasi," jelasnya.

"Pengolahan tanah menggunakan traktor, pemanenan dengan dicombain. Itu Siak telah lakukan walau menggunakan APBN atau APBD," imbuhnya.

Terakhir, Fachri menyebutkan Syamsuar juga secara konsisten terus membantu para petani untuk terus mengembangkan tanaman khas dari Kabupaten Sultan Siak Sri Indrapura itu.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id