Masuki Kemarau, Satgas Karhutla Riau Kerahkan 6 Helikopter Water Bombing

Heli-Waterbombing-bpbd.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan, demi mengamankan perhelatan akbar Asian Games ke-18 diiringi dengan meningkatnya musim kemarau, pihaknya akan mengerahkan satu helikopter untuk membantu lima unit helikopter lainnya dalam mencegah kebakaran hutan lahan (karhutla).

"Dengan bertambahnya satu helikopter ini, kita optimis akan mampu mencegah karhutla di saat penetapan status siaga darurat karhutla Riau saat ini," katanya Jumat, 8 Juni 2018.

Dikatakan Edwar, satu helikopter tersebut adalah buatan Amerika Serikat dengan jenis Sikorsky Aircraft Corporation yang dikirim langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dimana BNPB mengirimkan kita satu helikopter Sikorsky untuk membantu lima unit helikopter lainnya," imbuhnya.

Menurutnya, selain dapat digunakan untuk melakukan water bombing, helikopter Sikorsky juga mampu melakukan pemantauan ilegal logging di saat tidak terdapat karhutla di Riau.

Lima unit helikopter yang lebih dahulu bekerja yaitu jenis Kamov dan beberapa unit lainnya Bell 412.

Baca Juga Masuki Kemarau, BPBD Riau: Kami Siap Cegah Karhutla 2018

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, siap mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tengah prediksi bahwa Riau akan memasuki awal musim kemarau.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru memperkirakan bahwa Riau akan dilanda kemarau pada akhir Mei hingga April mendatang. Sementara puncaknya akan terjadi dari Agustus sampai September 2018 mendatang.

"Sesuai prediksi dari BMKG, sekitar akhir bulan Mei akhir hingga April itu sudah memasuki musim kemarau. Sampai hari ini kita cukup untuk mengantisipasi itu semua. Dan sudah bersiap-siap menyambut datangnya musim kemarau," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger di kantor Gubernur Riau, Rabu, 28 Maret 2018.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id