Aktual, Independen dan Terpercaya


Jadi Amil Zakat di Gemar Berzakat Koto Gasib, Ini Kata Alfedri

Plt-Bupati-Siak-Alfedri2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Plt Bupati Siak Alfedri yang juga mantan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak, menghadiri kegiatan Gerakan Masyarakat Siak (Gemar) Berzakat ke-5 di Masjid Royatul Iman, Kecamatan Koto Gasib, Kamis, 31 Mei 2018.

Dalam sambutannya, Alfedri mengatakan sejak dilaksanakan untuk pertama kalinya pada 2014 lalu, kegiatan Gemar Berzakat sudah memasuki tahun ke-5.

"Alhamdulillah, kegiatan Gemar ini setiap tahun pesertanya bertambah. Untuk tahun 2018, seluruh Kecamatan di Kabupaten Siak akan melaksanakan kegiatan Gemar ini," ucap mantan Ketua Baznas Kabupaten Siak itu.

Zakat yang diberikan ini nantinya, sambung Alfedri, dapat mengikis penyakit hati diantaranya pelit, kikir dan sombong. Karena orang yang berzakat sadar bahwa di dalam hartanya ada hak untuk orang lain, dan harta itu hanya titipan dari Allah SWT.

"Semoga dengan adanya kegiatan Gemar berzakat ini, kesadaran masyarakat untuk membayar zakat semakin meningkat. Sehingga perolehan zakat untuk di setiap Kecamatan dan Kabupaten juga terus meningkat," kata Alfedri di depan masyarakat yang ingin berzakat di Kecamatan Koto Gasib.

Dalam kegiatan Gemar Berzakat ini, Plt Bupati Siak Alfedri, Camat Koto Gasib, UPZ Kecamatan Koto Gasib berkesempatan untuk menjadi Amil Zakat.

Kemudian kegiatan Gemar dilanjutkan dengan pendistribusian zakat tahap 2 di Kecamatan Koto Gasib berjumlah 103.200.000. Dan akan diberikan dengan pola konsumtif yang diterima oleh 147 mustahik, dan setiap mustahik akan mendapatkan 700.000 terdiri dari 300.000 berupa sembako dan 400.000 uang tunai.

Serta penyerahan Zakat Award, yang diraih oleh UPZ Empang Pandan, sebagai UPZ yang berhasil mengumpulkan zakat terbanyak se Kecamatan Koto Gasib.