Jelang Arus Mudik, Disperindag Sidak Tera Ulang SPBU Siak

Sidak-SPBU-SIak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK – Menjelang arus mudik Lebaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Siak melalui UPT Metrologi melakukan sidak ke SPBU yang ada di Siak.

Sidak ini untuk mengecek akurasi ukuran bahan bakar minyak (BBM) yang keluar dari mesin pompa SPBU, Rabu, 30 Mei 2018.

Kepala Dinas Perindag Kabupaten Siak Wan Ibrahim kepada wartawan mengatakan, bahwa sidak ini dilakukan guna memantau stok SPBU menjelang lebaran ini.

"Selain memantau harga BBM, kita juga mengecek akuransi ukuran BBM yang dikeluarkan dari mesin Pompa SPBU," kata Wan Ibrahim.

Dikatakan Wan Ibrahim, dari pengecek tera ulang tidak ada masalah dan semua SPBU mulai dari Kandis, Minas hingga ke Siak tidak ada masalah.

Sementara itu Kepala UPT Penyuluhan Metrologi, Disperindag Kabupaten Siak Wandi mengatakan, sidak dilakukan pada semua SPBU yang ada di wilayah Kabupaten Siak.

Sidak ini untuk mengecek akurasi atau takaran pada pompa BBM yang dijual ke para konsumen.

“Kita memastikan bahwa segel tera ukuran pompa bensin tidak rusak dan sesuai. Jangan sampai ada kecurangan ukuran pada mesin pompa BBM yang dijual ke masyarakat,” kata Wandi.

Menurut Wandi, SPBU Wilayah Kabupaten Siak mulai dari Kandis sampai Siak dan Bungaraya tidak ada masalah.

Dia berharap, selama arus mudik dan balik Lebaran 2018, pengawasan tetap dilakukan Disperindag.

"Kalau ada pengusaha SPBU yang melakukan kecurangan ukuran takar BBM, sanksinya mulai peringatan 3 kali, kemudian bisa dilakukan penyegelan mesin pompa sampai diproses pidanakan," tegasnya.

“Kalau ada yang terbukti melakukan kecurangan ukuran takar BBM, sanksinya mulai peringatan, penyegelan mesin pompa, sampai kita proses pidana bersama aparat penegak hukum (APH), sesuai UU perlindungan konsumen, dan Undang Undang Perdagangan,” pungkasnya.