ÔĽŅ

Ombudsman Riau Tinjau Efektivitas Saber Pungli di Siak

LOGO-OMBUDSMAN-RI1.jpg
(INTERNET)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Ketua Ombudsman Provinsi Riau Ahmad Fikri beserta jajaran melakukan kunjungan untuk meninjau efektivitas saber pungli di Riau, dalam hal ini Ombudsman menjadikan Kabupaten Siak sebagai salah satu sampel untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan satgas saber pungli di Siak.

"Maksud dan tujuan peninjauan ini kami Ombudsman se Indonesia diminta untuk melihat bagaimana efektivitas saber pungli di masing-masing provinsi dan kami juga ingin melihat sejauh mana selama ini khususnya sejak satgas dibentuk di Siak bisa menjalankan tugasnya," sebutnya.

Kunjungan Ombudsman Provinsi Riau beserta jajarannya tersebut diterima langsung oleh Asisten I Sekda Kab Siak L Budhi Yuwono di ruang kerjanya dan dilanjutkan dengan rapat yang juga dipimpin langsung oleh Asisten I di Ruang Rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Rabu, 23 Mei 2018. Turut hadir dalam rapat itu Kanit Tipikor Siak yang juga merupakan Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Siak, serta unsur OPD terkait.

Lebih lanjut Ahmad menyampaikan bahwa sesuai Perpres No. 87 Th. 2016, disebutkan Ombudsman memiliki tim pencegahan maupun penindakan serta tim-tim lain yang mendukung tugas satgas ini.

Baca Juga 196 Laporan Masuk ke Ombudsman Riau, Terbanyak di Bidang Pendidikan

"Kami ingin melihat sejauh mana upaya yang sudah dilakukan oleh satgas saber pungli Kabupaten Siak dalam melakukan upaya-upaya untuk pemberantasan pungli di Kabupaten Siak. Dan tentunya yang kami perlukan adalah data-data terkait upaya pemberantasan baik itu dalam peningkatan dan upaya pencegahan yang dilakukan," ujarnya.

Sebelumnya Ombudsman Provinsi Riau juga sudah melakukan pertemuan dengan tim satgas saber pungli Provinsi Riau, kata Ahmad, secara umum pihaknya menemukan kendala-kendala, terutama terkait tidak adanya dukungan anggaran.

"Kami juga mendapat informasi satgas saber pungli Siak tidak mendapatkan dukungan anggaran (APBD) khususnya karena ada kesulitan mencari dimana anggaran ini dialokasikan. Kondisi yang sama juga di Provinsi Riau satgas saber punglinya hanya dianggarkan pada 2017. Persoalan anggaran di provinsi dan kabupaten sama dan kami ingin tahu lebih jauh bagaimana penganggaran yg dilakukan Pemkab Siak," jelasnya.

Sementara Asinten I Sekda Kab Siak L Budhi Yuwono menyebutkan, tim satgas saber pungli Kabupaten Siak sudah terbentuk sejak 2016 dan juga sudah ada beberapa kegiatan yang dilakukan serta juga sudah ada OTT yang terjadi.

Klik Juga Sambut HUT ke 18, Ombudsman Diharapkan Jaga Kepercayaan Masyarakat

"Kita juga sudah membentuk posko sederhana, terkait dengan pembiayaan memang sampai sekarang kami belum ada menganggarkan kegiatan untuk saber pungli ini. Untuk pencegahan di pemda kita mintakan di Polres, terkait dengan SOP nya masih sekedar melihat bagaimana efektifnya saja. Masih ada keterbatasan kami dalam melakukan tindakan dan bagaimana kami bisa bersinergi satu tim dengan yang lainnya," ungkapnya.

Selanjutnya dalam rapat diadakan dialog dan diskusi terkait satgas saber pungli. Tanya jawab bergantian dari masing-masing OPD dan ombudsman.

 Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id