Tenaga Didik Tak Merata, Dewan: PNS Harus Siap Dipindahkan

Ilustrasi-Guru-SMA.jpg
(Suara Surabaya.net)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Komisi V DPRD Riau Ade Agus Hartanto meminta setiap Guru PNS untuk bersedia jikalau dipindah tugaskan.

"PNS itu kan harus siap apabila diperintahkan, jadi tidak ada alasan lagi untuk tetap bertahan di satu sekolah," ungkapnya, Kamis, 19 April 2018

Hal tersebut dikarenakan banyak penyebaran guru yang tidak merata, PNS lebih cenderung ingin mengajar di daerah perkotaan, dan enggan untuk turun ke pedesaan.

"Bahkan, ada yang satu sekolah itu cuma satu PNS nya, itu pun kepala sekolahnya," tambahnya.

Untuk itu, lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, ia meminta Disdik untuk segera melakukan maping agar bisa diketahui daerah mana tenaga guru yang dibutuhkan

Baca Juga Dewan Akui Penyebaran Guru SMA Tidak Merata

"Maping ini sangat perlu, harusnya Disidik punya data itu," katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi V Aherson juga mengeluhkan hal yang sama, pasca peralihan kepengurusan SMA dari kabupaten ke provinsi. Ia mengaku cukup khawatir dengan tidak meratanya tenaga didik SMA di Riau.

"Ketika kita hitung, ada yang bertumpuk, ada yang di jurusan A sekitar 4 orang tapi hanya dibutuhkan 2 orang, yang 2 lagi ini mau di kemanakan?"ungkapnya.

Dikatakan Aherson, tidak meratanya tenaga didik ini berimbas kepada sulitnya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id