Begini Jadinya Ekonomi Riau Jika RTRW Siap Dijalankan

Sekdaprov-Riau-Ahmad-Hijazi-di-Hotel-Aryadutha.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah mendapat masukan dari jajaran Kementerian Perekonomian di Jakarta beberapa hari yang lalu, Pemerintah Provinsi Riau berencana akan menggagas pembuatan konsep ekonomi khusus.

Itu semua dapat terjadi jika rancangan tata ruang wilayah (RTRW) nantinya yang masih dalam penggodokan sudah dapat dijalankan setelah mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

"Ada saran kepada kita dari Kementerian Perekonomian agar nantinya Riau memiliki konsep ekonomi khusus terkait untuk mendorong tata ruang wilayah," kata Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi di Hotel Aryadutha, Rabu, 28 Maret 2018.

Hijazi mengatakan bahwa upaya itu untuk memfasilitasi kawasan pengembangan nasional namun saat ini tengah berada di Provinsi Riau untuk sektor pariwisata sampai industri demi penguatan ekonomi Indonesia dan Riau khususnya.

"Konsep ekonomi khusus itu bisa saja sektor pariwisata, industri yang kini juga tengah menjadi fokus kita dalam Musrembang ini," jelasnya.

Selain itu, Pemprov Riau juga akan berencana mendirikan pusat pendistribusian daerah. Selain itu, Kementerian Perekonomian juga mengatakan Riau akan dijadikan sebagai pusat distribusi regional untuk wilayah Sumatera.

"Itu karena kita berada di tengah Pulau Sumatera dan juga berhadapan dengan Selat Malaka yang merupakan jalur perdagangan yang cukup sibuk," tandasnya.

Sekali lagi Hijazi menambahkan bahwa upaya itu untuk meningkatkan ekonomi Riau jika nantinya RTRW dapat dijalankan meliputi konsep ekonomi khusus ditambah peningkatan sistem logistik daerah, regional yang konektivitasnya berada langsung berada di tangan Kementerian Perekonomian.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id