ÔĽŅ

BKSDA Riau Siapkan Skenario untuk Beruang yang Tewaskan Warga Kampar

Kurungan-untuk-beruang.jpg
(BKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau telah mempersiakan beberapa skenario, jika beruang yang telah menewaskan satu orang warga Desa Teluk Paman Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar tertangkap.

Sebelumnya, pasangan suami isteri Saruli (60) dan Bunui (40) yang tengah sibuk memanen hasil tanaman pohon karetnya diserang beruang tanpa ampun menjelang siang hari, Selasa, 3 Oktober 2017 silam. Sebelum dapat diselamatkan, sang istri akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

"Berdasarkan arahan dari pimpinan, akan kita pelajari terlebih dahulu apakah akan langsung dilepasliarkan atau sementara dititipkan di tempat penitipan satwa di BBKSDA Riau," kata Humas BBKSDA Riau, Dian Indriwati, Rabu, 4 Oktober 2017.

Selain itu, menurutnya yang lebih penting ialah mereka harus mempelajari habitat terbaik untuknya agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Yang pentingnya itu kita sebelumnya pelajari lokasi mana yg cocok untuk habitatnya. Tapi pada dasarnya kita akan melepasliarkan juga. Yang jelas jauh dari pemukiman penduduk,"tambahnya.

Usai kejadian penyerangan tersebut, petugas yang dibantu oleh Polsek Kampar Kiri, aparat Kec. Kampar Kiri, Aparat Desa Teluk Paman dan masyarakat tengah bersaha mencari keberadaan satwa yang dilindungi tersebut.

Proses pencarian itu mencangkup penenangan masa, pemasangan perangkap dan melakukan sosialisasi,"Itu bertujuan agar tidak terjadi tindakan menyalahi aturan,"tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id