(Video) Warga Panik Api Kebakaran Lahan Menjalar ke Tanahnya

Kebakaran-Lahan-di-Palas-Rumbai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/MARIO SUSILO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi pada beberapa titik di Provinsi Riau. Seperti yang terjadi, Senin, 31 Juli 2017, terjadi di lahan kosong, RT 003/RW 008, Kelurahan Palas, Pekanbaru.

Lahan tidak diketahui siapa pemiliknya ini hangus terbakar dilalap sijago merah. Lebih menghawatirkan lagi, lokasi kebakaran berdekatan dengan permukiman warga.

Seorang warga sekitar yang lahannya berdekatan dengan lokasi kebakaran tersebut, Managar Panggabean, panik dan berusaha memadamkan dengan alat seadanya, agar api tidak menjalar ke lahan miliknya.

Baca Juga: Walhi Riau Tarik Gugatan SP3 Polda Riau Saat Tahu Hakim Praperadilan Sorta Ria Neva

"Asal api kami tidak tahu, pas kami sudah sampai di sini, api sudah besar mengarah ke lahan kami. Lahan terbakar di sini lebih kurang 10 hektare, ada lahan kosong dan ada lahan berisi," kata Manangar Panggabean. 

Tiga unit mobil pemadam kebakaran Pemkot Pekanbaru dikerahkan memadamkan api yang terus meluas. Tak hanya itu, mereka juga dibantu personil Polsek Rumbai, Koramil, Manggala Agni dan Chevron.

Staf Koramil 01/Rumbai, Pelda Dedi Indriadi mengatakan, ia mendapat info dari masyarakat ada lahan terbakar di Kelurahan Palas. "kami langsung menuju ke lokasi kebakaran. Sampai di sana api sudah besar dan saat ini belum tahu api berasal dari mana, masih dalam penyelidikan Polsek Rumbai" tuturnya. 

Polsek Rumbai dan Koramil 01/Rumbai langsung memasang plang di daerah lahan terbakar dan dilarang memasuki lahan terbakar guna penyelidikan. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline