Dishub AKAP Lakukan Run Checking Demi Zero Accident

Bus-AKAP2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Demi tercapainya "Zero Accident" di lingkungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menjelang Idul Fitri 1438 H, Terminal Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) Payung Sekaki melakukan run check bagi setiap kendaraan angkut yang melintas di terminal ini.

Pemeriksaan itu dilakukan terhadap bus lintas provinsi, dalam kota hingga kendaraan yang hanya singgah sesaat dan pergi menuju terminal lainnya.

"Saat ini kita tengah melaksanakan run cheking ditengah suasana pra lebaran terhadap semua angkutan. Sampai saat ini kita lakukan pemeriksaan pada bus penumpang angkutan Provinsi. Itu akan kita lakukan run check dalam artian kelayakan sebelum dia berangkat, singgah ataupun lintas," kata Kepala Terminal AKAP Payung Sekaki, Wira Bhakti, Selasa, 6 Jumi 2017.

Run cheking ini meliputi pemeriksaan fisik pada bagian kendaraan angkutan umum. Memastikan kendaraan tersebut layak jalan atau tidak. Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, petugas tanpa ampun memberhentikan kendaran dan langsung melakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Jelang Mudik, Angkutan Darat Abaikan Keselamatan Penumpang Langsung Ditindak

Petugas melakukan pengecekan ringan seperti kondisi ban, lampu-lampu sampai kelengkapan surat-surat kendaraan lainnya. Jika didapati sesuatu yang tak layak, petugas tak menginstruksikan untuk melakukan penggantian.

Sebelumnya, Wira Bhakti menyebut bahwa masih ada angkutan darat yang mengabaikan keselamatan penumpangnya menjelang Idul Fitri 1438 H tahun 2017 ini.

"Beberapa yang kita dapati dan kita tindak langsung di antaranya ada yang dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) seperti bus P.O Antar Lintas Sumatera (ALS) dan PMH," katanya di halaman terminal AKAP Payung Sekaki Pekanbaru, Rabu, 6 Juni 2017.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline