Tuding Sakitnya Wagub Berita Hoax, Syahnan: Kabag Humas Lecehkan Profesi Wartawan

Syahnan-Rangkuti.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tudingan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Kepala Bagian Humas, Erisman Yahya, tentang beredarnya pemberitaan serangan jantung dialami Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Wan Thamrin Hasyim, adalah hoax dan cari sensasi, ditanggapi wartawan senior Kompas dan Ketua Solidaritas Wartawan untuk Transparansi (Sowat), Syahnan Rangkuti. 

Apa yang telah dilakukan Kabag Humas Erisman Yahya, tutur Syahnan, telah melecehkan profesi wartawan. Ia menilai tak sepantasnya seorang mengerti akan sebuah pemberitaan mengatakan, beberapa media di Riau memberitakan Wagubri, Wan Thamrin Hasyim, dalam keadaan terbaring sakit adalah hoax atau berita bohong.

Melalui siaran persnya, Erisman menyebutkan, Wan Thamrin Hasyim dikabarkan mengalami serangan jantung dan sempat dirawat di rumah sakit Awal Bros, Pekanbaru, ternyata tidak sakit, Selasa, 30 Mei 2017 pukul 19.18 WIB. Bahkan ia mengatakan, Wagub buka bersama di kediamannya bersama keluarga. 

Baca Juga: Ketua Mesjid Akui Wagub Wan Thamrin Serangan Jantung, Kabag Humas: Itu Hoax

Erisman juga menjelaskan, seharusnya media online lebih selektif dan tidak hanya sekadar mencari sensasi dalam mencari sebuah pemberitannya.

"Kita ini kan media. Media itu adalah trust, menjual sebuah kepercayaan. Kalau sudah tidak ada lagi kepercayaan, maka tidak ada gunanya lagi media itu. ‎Apalagi yang melakukannya adalah seorang Kepala Bagian Humas Pemrov Riau, mengerti betul bagaimana proses sebuah pemberitaan itu," kata Syahnan saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu, 31 Mei 2017.

Padahal, dikutip dari pemberitan dibuat RIAUONLINE.CO.ID menyebutkan, telah mendapatkan narasumber terpercaya sebagai acuan dari pemberitan serangan jantung Wakil Gubernur Riau itu.

Situasi di Kamar Perawatan di Lantai V RS Awal Bros

SUASANA di depan pintu kamar perawatan Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, di Lantai V, Rumah Sakit Awal Bros, Pekanbaru, Rabu, 31 Mei 2017.

Juga untuk keduakalinya, RIAUONLINE.CO.ID, kembali memberitakan dengan sudut pandang berbeda mengenai Wan Thamrin yang kini dalam keadan baik kandas karena mendapat pengusiran dari ajudan serta sekuriti Rumah Sakit Awal Bros, Jalan Sudirman.

"Pemberitan itu penting, kenapa, karena kita sama-sama tahu Wan Thamrin itu seorang Wakil Gubernur memiliki nilai berita. Atau mungkin juga Pak Kabag ini mendapatkan informasi salah atau juga disesatkan dari orang-orang terdekat dari Wan Thamrin," tutupnya.

Sebelumnya, Kabag Humas, Erisman Yahya, menuding pemberitaan yang naik di RIAUONLINE.CO.ID, tentang serangan jantung Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, adalah berita hoax dan tak seharusnya diberitakan. 

"Itu hoax Pak. Beliau dalam kondisi sehat walafiat dan sekarang ada di rumah. tadi buka puasa bersama di kediaman pribadi beliau...," tulis Erisman dalam pesan singkatnya yang diterima RIAUONLINE.CO.ID, Selasa malam, 30 Mei 2017, pukul 19.00 WIB. 

Klik Juga: Wagub Riau, Wan Thamrin Hasyim Serangan Jantung, Pasang Ring di Awal Bros

Tak hanya itu, Erisman juga megirimkan bantahan melalui pesan Whatsapp ke beberapa wartawan dan grup Whatsapp. Berikut isi bantahannya. 

Berita Wagub Serangan Jantung Hoax

Informasi yang beredar bahkan sudah dilansir oleh beberapa media online bahwa Wakil Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim mengalami serangan jantung dan sempat dirawat di RS Awal Bross, Pekanbaru, tidak benar. Info hoax yang tak seharusnya diberitakan.
Media terutama online harusnya lebih selektif dan tidak hanya mengejar sensasi dalam memuat suatu berita. 
Masyarakat terzalimi dengan info hoax itu. Hanya mencari sensasi tanpa mempertimbangkan perasaan pihak yang diberitakan. Harusnya kita sudah lebih cerdas.
Saat ini Wagubri dalam keadaan sehat walafiat. Wagubri bahkan sangat terkejut mendengar info hoax itu.

Kabag Humas Pemprov Riau

Erisman Yahya

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline