Usai Sertijab, Kakanwil Kemenkumham Riau Baru Sambangi Rutan Sialang Bungkuk

Kakanwil-Kemenkumham-di-rutan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Usai dilantik pada 8 Mei dan serah terima jabatan (sertijab), 10 Mei 2017 lalu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Riau yang baru, Dewa Putu Gede langsung tancap gas dengan menyambangi rumah tahanan (rutan) Klas IIB Sialang Bungkuk, Kamis, 10 Mei 2017.

Dalam kunjungannya, ada tiga pokok yang wajib tidak kembali terjadi usai insiden kaburnya 448 warga binaan, Jumat, 5 Mei 2017.

"Ada beberapa catatan dari menteri usai kunjungannya tempo hari. Itu seperti air dan alur penyajian makanan untuk sampai ke warga binaan," katanya di halaman rutan, Kamis, 10 Mei 2017.

Baca Juga: Komnasham Segera Adukan Pelanggaran di Lapas Sialang Bungkuk ke Presiden

Air yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap warga binaan yang berada di dalam rutan menurutnya tidak bisa lagi ditunda-tunda untuk diatasi. ‎

"Tapi nanti saya akan bicara dengan Pelaksana harian (Plh) karutan seperti apa. Ini harus ditangani dengan baik. Air ini menjadi pemicu masalah yang luar biasa," imbuhnya.

Selama berada di lokasi, kondisi rutan Blok C menjadi blok terparah yang mengalami kekurangan air layak. "Masa cara pendistribusian air diambil dari atas dan masih dipikul-pikul," ucapnya kembali.

Klik Juga: Periksa 16 Orang Soal Pungli Rutan Pekanbaru, Polda Riau: Bakal Ada Tersangkanya

Sementara untuk makanan, Dewa Putu belum menemukan hal yang janggal di lokasi, berhubung dirinya terlambat berada di rutan untuk memantau proses pebuatan makanan sampai diberikan kepada para warga binaan.

Juga untuk hal lainnya seperti overnya kapasitas rutan, perlakuan buruk sipir kepada warga binaan dan hal lainnya berangsur-angsur akan terus diperbaiki hingga menuju perbaikan yang penuh diberikan kepada warga binaan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline