Tahanan Kabur, Humas Polda Riau: Sejumlah 143 Orang Masih Di Luar

Kerusuhan-di-Rutan-Sialang-Bungkuk.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hingga hari ini, Selasa, 9 Mei 2017, jumlah warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sialang Bungkuk yang telah menyerahkan diri ataupun tertangkap berangsur-angsur bertambah, usai 488 tahanan kabur saat salat Jumat berlangsung, Jumat, 5 Mei 2017 lalu.

"Untuk update hari ini, Selasa 9 Mei 2017 pukul 13.10 WIB yang sudah berada dalam pengawasan 305 orang. Sementara yang masih di luar sejumlah 143 orang lagi," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Selasa, 9 Mei 2017.

Sebelumnya, sekitar pukul 12.45 WIB, Jumat lalu, sekitar 200-an tahanan kabur setelah membobol pintu bagian kanan. Ratusan tahanan itu berhamburan lari dengan mengenakan celana, sarung, baju koko, kopiah hitam dan putih, bahkan tanpa menggunakan alas kaki.

Baca Juga: Tahanan Kabur 488 Orang, Menteri Yasonna: Buat Pertama Kali Segede Ini, Rekor

Tak lama usai kabur, puluhan tahanan berhasil ditangkap aparat keamanan yang dibantu warga. Widi, warga Jalan Sumatera, Kulim, Tenayan Raya, tak jauh dari Rutan Sialang Bungkuk mengatakan, usai Salat Jumat warga berhamburan dan berlarian mengejar para tahanan yang kabur tersebut.

"Usai Salat Jumat, warga Jalan Sumatera, Kulim heboh. Mereka keluar rumah, berhamburan karena sekitar 30 tahanan kabur. Para tahanan yang kabur tersebut mengenakan pakai baju koko, dan ada baju tahanan," kata Widi kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Ia menceritakan, saat warga berhamburan mengejar tahanan yang kabur tersebut, bisa ditangkap sekitar 15 orang. Selain itu, Widi juga sempat menanyakan kepada tahanan yang tertangkap, alasan kabur.

Klik Juga: Ingin Air Bersih Uang, Nelpon Per Menit Rp 1.000, Bezuk Juga Uang. Pungli Di Rutan

"Ruang tahanan sempit Pak, air susah, semuanya susah. Kami kabur dari pintu sebelah kanan, didesak-desak dari belakang untuk keluar. Saya menyerah Pak," kata tahanan kabur tersebut seperti ditirukan Widi.

Tahanan juga sempat melarikan tiga sepeda motor warga yang melintas. Mereka menghentikan laju sepeda motor dan melarikannya.

Sementara itu, Polresta Pekanbaru hingga kini menurunkan Satuan Sabhara dibantu Pasukan Antihur-hara (PHH) guna menguasai kondisi Rutan. Rutan Sialang Bungkuk memiliki kapasitas hunian sebanyak 361, namun diisi dan dihuni enam kali lipat, 1.800 orang.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline