Sudah 160 Tahanan yang Kabur Ditangkap TNI/Polri Dibantu Warga

Keluarga-Menanti-Kabar-Anggotanya-di-Rutan-Sialang-Bungkuk.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Berselang lima jam dari kejadian kaburnya sekitar 200-an tahanan dari Rutan Klas IIB Sialang Bungkuk, hingga malam ini, Jumat, 5 Mei 2017, pukul 23.00 WIB, sudah sekitar 160 tahanan berhasil ditangkap kembali oleh aparat gabungan Kepolisian, TNI dibantu warga. 

Kepala Bidang Humas Polda Riau, KOmbes Pol Guntur Aryo Tedjo mengatakan, informasi perkembangan terbaru sudah sekitar 160 penghuni Sialang Bungkuk diamankan. 

"Terkini, perkembangannya 160 tahanan berhasil ditangkap," kata Kombes Pol Guntur Aryo Tejo.

Baca Juga: Warga Berhamburan Usai Salat Jumat Saat Ratusan Tahanan Kabur Dari Rutan Sialang Bungkuk

Sebelumnya, tadi siang, sekitar 12.45 WIB, sekitar 200-an tahanan kabur dengan membobol pintu bagian kanan. Bak penonton konser, para tahanan itu berhamburan lari dengan mengenakan celana, sarung, baju koko, kopiah hitam dan putih, bahkan tanpa menggunakan alas kaki. 

Tahanan Kabur dari Rutan Sialang Bungkuk

Tak lama usai kabur, puluhan tahanan berhasil ditangkap warga dibantu aparat keamanan. Widi, warga Jalan Sumatera, Kulim, Tenayan Raya, tak jauh dari Rutan Sialang Bungkuk mengatakan, usai Salat Jumat warga berhamburan dan berlarian mengejar para tahanan yang kabur tersebut. 

"Usai Salat Jumat, warga Jalan Sumatera, Kulim heboh. Mereka keluar rumah, berhamburan karena sekitar 30 tahanan kabur. Para tahanan yang kabur tersebut mengenakan pakai baju koko, dan ada baju tahanan," kata Widi kepada RIAUONLINE.CO.ID

Ia menceritakan, saat warga berhamburan mengejar tahanan yang kabur tersebut, bisa ditangkap sekitar 15 orang. Selain itu, Widi juga sempat menanyakan kepada tahanan yang tertangkap, alasan kenapa kabur. 

"Ruang tahanan sempit Pak, air susah, semuanya susah. Kami kabur dari pintu sebelah kanan, didesak-desak dari belakang untuk keluar. Saya menyerah Pak," kata tahanan kabur tersebut seperti ditirukan Widi. 

Lihat Juga: (Video) Detik-Detik Ratusan Tahanan Kabur Dari Rutan Sialang Bungkuk

Tahanan juga sempat melarikan tiga sepeda motor warga yang melintas. Mereka menghentikan laju sepeda motor dan melarikannya.

Sementara itu, Polresta Pekanbaru hingga kini menurunkan Satuan Sabhara dibantu Pasukan Antihur-hara (PHH) guna menguasai kondisi Rutan. Rutan Sialang Bungkuk memiliki kapasitas hunian sebanyak 361, namun diisi dan dihuni enam kali lipat, 1.800 orang.