Begini Kondisi Terkini Lapas Sialang Bungkuk

Rutan-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hingga saat ini, sudah 70 lebih tahanan yang berhasil diamankan kembali usai aksi menjebol pagar Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sialang Bungkuk Kecamatan Tenayan Raya, Jumat, 5 Mei 2017.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo menuturkan bahwa secara perlahan tahanan yang kabur tersebut diserahkan ke Lapas yang lebih sehat dari lapas yang kini sudah porak-poranda di Kelurahan Tangkerang itu.

"Saat ini, 70 tahanan dari 200an tahanan yang kabur sudah diamankan. Sebagian yang sudah diamankan dan dibawa ke Tangkerang," katanya di halaman Lapas, Jumat, 5 Mei 2017.

Baca Juga: Sejumlah Tahanan Sialang Bungkuk Kembali Dibekuk

Dikatakannya, penyebab terjadinya peristiwa ini diakibatkan pelayanan yang tidak prima yang diterapkan di Lapas tersebut.

"Di sini sudah over kapasitas. Dari 300-an kapasitasnya, sudah diisi oleh 1000-an tahanan. Sehingga dipastikan sudah sangat sesak," imbuhnya.

Aksi ini merupakan wujud ketidaksenangan dari ratusan tahanan yang susah untuk menjalankan ibadah salat Jumat. Sehingga berujung pada penjebolan Lapas.

Klik Juga: Warga Berhamburan Usai Salat Jumat Saat Ratusan Tahanan Kabur dari Rutan Sialang Bungkuk

Para tahanan mendobrak, melempar menggunakan batu sebelum jalannya ibadah Salat Jumat berlangsung. Sehingga pintu yang berada di sebelah kanan Lapas berhasil mereka dobrak dan keluar berhamburan.

Atas kejadian ini, pihak keamanan menurunkan 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) diantaranya 1 SSK dari Polresta Pekanbaru, Brimob Polda Riau dan TNI AD.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline 

-->