Gempa Guncang Aceh, 18 orang Meninggal, Belasan Bangunan Roboh

RIAU ONLINE - Gempa berkekuatan 6,5 skala richter, Rabu, 7 Desember 2016 mengguncang Aceh. Jumlah korban tewas terus bertambah. Informasi terakhir menyebutkan, jumlah korban meninggal dunia berjumlah 18 orang.

 

"Informasi terakhir ada 18 orang meninggal dunia, evakuasi masih terus dilakukan," kata Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi seperti diberitakan CNN Indonesia, Rabu, 7 Desember 2016.

 

Said mengatakan, sejumlah alat berat telah dikerahkan untuk mengevakuasi korban yang kemungkinan tertimbun. Ia berharap pemerintah daerah sekitar turut membantu evakuasi.

 

"Kalau masalah jumlah alat berat, tidak masalah. Tetapi kami juga meminta bantuan dari kabupaten sekitar," ujar Said.

Baca Juga: Nakhoda dan ABK Diikat Usai Kapal Dibajak Pria Bersenjata di Inhil

 

Gempa juga mengakibatkan belasan bangunan roboh, termasuk masjid. Sejumlah jalan dikabarkan retak akibat besarnya kekuatan gempa.

 

Menurut catatan catatan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), terdapat 10 unit rumah toko roboh di Kabupaten Pidie Jaya. Selain itu empat unit rumah juga dikabarkan mengalami kerusakan parah.

 

Tidak hanya di Pidie Jaya, di Kabupaten Bieruen tercatat ada dua unit rumah dan satu masjid roboh. Petugas Pusat Data dan Informasi BPBA Heni Nurmayanti mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendataan di wilayah-wilayah yang terdampak gempa.

 

"Kami masih mendata lokasi persisnya," kata Heni

Klik Juga: Pencarian Kotak Hitam Pesawat Polri yang Jatuh Libatkan 151 Penyelam

 

Gempa berkekuatan 6,5 skala richter dan tak berpotensi tsunami terjadi pada pagi ini. Saat gempa terjadi warga masih banyak yang tidur. Warga berhamburan keluar saat gempa.

 

Gempa mengguncang sejumlah wilayah Aceh dengan guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

 

Posisi gempa berada di 5,19 derajat lintang utara dan 96,36 derajat bujur timur. Pusat gempa berada di 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya, 34 kilometer barat laut Kabupaten Bireuen, 48 kilometer timur laut Kabupaten Pidie, 121 kilometer tenggara Banda Aceh atau 1.716 kilometer barat laut DKI Jakarta.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline