Aktual, Independen dan Terpercaya


Jelang Lebaran, Perantau Asal Riau Berbondong-bondong Pulang

Arus-Mudik-di-Bandara-SSK-II-Pekanbaru1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUCI AULYA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - General Manajer Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait mengungkapkan dari persentasi jumlah penumpang yang melakukan penerbangan di bandara ini jumlah perantau yang pulang ke Riau lebih banyak ketimbang jumlah perantau yang pulang ke luar Riau.

 

Dari data Posko monitoring mudik lebaran Bandara SSK II Pekanbaru, jumlah penumpang yang dihitung mulai H-12 hingga H-6 lebaran totalnya telah mencapai 73.641 penumpang dengan destinasi domestik dan mancanegara.

 

Dari total tersebut, jumlah penumpang dari gate kedatangan mencapai 38.349 orang, sedangkan dari gate keberangkatan mencapai 35.292 orang.

BACA JUGA: Ini Alasan Transportasi Udara Makin Diminati

 

"Dari data ini, kita bisa menyimpulkan sebuah fenomena yang terjadi bahwa jumlah perantau dari Riau itu lebih banyak ketimbang jumlah perantau dari luar Riau," kata Jaya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 1 Juli 2016.

 

Lanjutnya, Jaya menjelaskan jumlah penumpang datang ke Riau umumnya adalah pelajar dan mahasiswa yang bersekolah di pulau Jawa. Baik di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang atau Surabaya.

KLIK JUGA: Peminat Angkutan Udara Naik, Darat dan Air Terus Menurun 

 

"Tren pendidikan di Jawa lebih baik dari luar jawa itu mungkin masih menjadi alasan mengapa banyak pelajar kita yang bersekolah di luar Riau," tandasnya.

 

Para pelajar dan mahasiswa ini biasanya selalu pulang ketika momen libur panjang seperti libur lebaran yang akan datang beberapa hari mendatang.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline