Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah Tokoh Penggagas Berdirinya Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Masjid-Agung-An-Nur.jpg
(INTERNET)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembina Remaja dan Majelis Taklim Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru, Tengku Arif Fadhillah mengatakan tokoh yang paling berjasa dan penggagas pertama dari bangunan Masjid Agung An-Nur Pekanbaru adalah Gubernur Riau yang kedua, Kaharudin Nasution.

 

"Ide awalnya itu dari bapak Kaharudin Nasution. Gubernur kita yang kedua sekitar tahun 1962. Dia itulah pencetus pertamanya. Selesainya pada masa gubernur ke tiga yakni Arifin Ahmad tahun 1968 " ungkap Arif, Senin, 6 Mei 2016.

 

BACA JUGA: Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru dan Makna di Balik Lima Kubahnya

 

Menurut Arif, alasan dari pembangunan masjid tersebut sebab Pekanbaru merupakan Ibukota Provinsi Riau yang memerlukan infrastruktur sebuah kota yang layak.

 

"Kalau ibu kota itu kan harus punya perkantoran, perumahan karyawan, stadion olah raga, rumah sakit, sekolah, pasar dan beberapa rumah ibadah dalam satu kawasan yang tidak begitu jauh. Makanya mesjid ini dibangun tidak jauh dari pusat pemerintahaan. Bahkan dulunya berdampingan dengan stadion Hang Tuah," tandasnya.

 

KLIK JUGA: Inilah Rahasia di Balik Kemegahan Masjid Agung An-Nur

 

Masjid ini memliki dua lantai, lantai satu digunakan sebagai pusat ibadah Salat, sedangakan lantai dua merupakan ruangan serbaguna, sekretariat pengurus mesjid, ruang perpustakaan, kantor Badan Amil Zakat (BAZ) dan beberapa ruang belajar.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline