Taman Nasional Tesso Nilo Terdegradasi Kebun Kelapa Sawit

fahril.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Azhar)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDA) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Fahril Fatani mengatakan, Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu saat ini sudah terdegradasi.

 

"Tapi paling penting saya kira melihat view itu ternyata bagian wilayah perluasan Tesso Nilo itu sudah banyak sekali terdegradasi. Tanaman sawit dimana-mana, kemudian tanaman hutannya sedikit sekali, sehingga saya kira perlu segera mengambil tindakan untuk selamatkan," katanya, kepada RIAUONLINE.CO.ID, di ruangan VIP Lancang Kuning, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Rabu, 6 April 2016.

 

KLIK: Meski Harga BBM Turun, Harga Daging Sapi Masih Tinggi

 

Menurut Fahril, setengah lebih Taman Nasional ini sudah tidak berfungsi lagi dan harus segera dilakukan penindakan. "Karena memang separuh lebih Tesso Nilo itu sudah degradasi. Ini tidak ada cara lain adalah pemulihan,"katanya.

 

Ia mengaku, baru saja memantau pukul 10.00-11.00 WIB menggunakan helikopter melihat keadaan Tesso Nilo bersama Kepala Balai KSDA Tandya Tjhajana, Direktur Pengendalian Hutan dan Lahan Raffles B. Panjaitan dan Kapolda Riau Brigjen Supriyanto.