Luhut Janji, Karhutla Tahun Ini Tak Separah 2015

Kebakaran-Lahan-di-Rimbo-Panjang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Kebakaran hutan dan lahan yang diprediksi masih terjadi tahun ini dijanjikan tak separah tahun lalu. Pemerintah mengaku lebih siap mengatasi bencana yang sebelumnya sudah menimbulkan korban jiwa di sejumlah daerah ini.

 

Janji itu disampaikan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, setelah membuka Rapat Koordinasi Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/2/2016) pagi.

 

Menurut Luhut, dua minggu lalu Presiden sudah memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk bersiap menghadapi karhutla. Perintah yang sama juga disampaikan ke semua kepala staf angkatan, Panglima TNI dan Kapolri.

BACA JUGA : Jokowi Perintahkan Gubernur, Bupati dan Wako Waspadai El Nino

 

Dengan langkah itu, Luhut optimis pemerintah jauh lebih siap dibandingkan tahun lalu mengatasi karhutla. Hal itu pula yang membuatnya yakin karhutla tak separah tahun lalu. Keyakinannya ini juga didasari komitmen Polri untuk mengoptimalkan penegakan hukum terkait kebakaran hutan dan lahan.

KLIK JUGA : Danrem Kaget Minimnya Kepedulian Warga Padamkan Api di Lahan Terbakar

 

Namun, pemerintah tidak dapat menjanjikan pada tahun 2016 ini tak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. "Bukannya tidak ada kebakaran, karena lahan gambut di Indonesia itu sangat luas," ujar Luhut.