Terminal 3 Bandara Soetta akan Rampung, Bakal Saingi Bandara Changi

terminal-3-bandara-soetta.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Pembangunan konstruksi Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (Soetta) selesai pada akhir bulan ini (Februari). Menurut Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Budi Karya, Terminal 3 bakal menjadi saingan Bandara Changi Singapura.

 

"Konstruksi Terminal 3 Ultimate mungkin selesai akhir Februari 2016," paparnya saat ditemui dalam Forum Sinergi BUMN Menjawab Tantangan dan Peluang MEA di Jakarta, Senin (1/2/2016).

 

Usai konstruksi rampung, lanjutnya, akan dilakukan serangkaian kegiatan pemeriksaaan dan pengujian instalasi listrik atau komisioning. Diharapkan, Terminal 3 Ultimate yang digadang-gadang bakal menjadi saingan Bandara Changi Singapura ini bisa digunakan pada Mei 2016.

 

"Baru nanti kita akan komisioning dan baru akan di pakai akhir Mei atau awal Juni 2016," cetus Budi. (Baca Juga: Ini Sosok Rio Haryanto di Mata Sang Bunda)

 

Sebagai tambahan, hingga 17 Januari 2016, Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta telah mencapai 93,991 persen mendekati 94 persen. Terminal 3 Ultimate tahap I bakal beroperasi pada Mei 2016.

 

Terminal ini memiliki kapasitas 25 juta penumpang. Untuk membangun terminal ini, perseroan membutuhkan dana sekira Rp6 triliun. Rencananya, terminal ini diprioritaskan untuk maskapai Garuda, dan penerbangan internasional anggota Skyteam lainnya.

 

Selain pembangunan Terminal 3 dan kereta api bandara, Angkasa Pura II juga akan merevitalisasi Terminal 1 dan 2 yang saat ini telah beroperasi dan membangun gedung yang terintegasi sebagai area komersial baru.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline